Screen Guard1.jpg

Pernah kepikiran gak sob untuk membuat Screen Guard-mu sendiri.? Screen Guard itu apaan sih.? Upzzz mungkin diantara kalian ada belum tau apa itu Screen Guard.? Ehm ehm. . . Screen Guard menurut KBBE (Kamus Besar Bahasa English) :D berarti pelindung layar. Yang di maksud pelindung layar disini adalah plastik yang melapisi layar ponsel agar layar ponsel tersebut tidak gampang tergores oleh benda-benda tajam maupun kasar yang ada di sekitar kita.

Biasanya Screen Guard dapat kita temukan pada ponsel-ponsel baru yang di keluarkan pada dus-nya. Nah Screen Guard ini asli dari Nokia. Namun sayang, seiring dengan berjalannya waktu bagi pengguna yang kurang memperhatikan perawatan ponselnya kadangkala melepas plastik Screen Guard-nya agar tidak mengganggu pandangan saat menatap layar. Ada juga pengguna yang melepas Screen Guard-nya karena emang udah lepas dan saat di pasang lagi malah kabur layarnya. Padahal dengan melepas Screen Guard, layar ponselnya rawan tergores oleh benda-benda keras di sekitarnya.

Sebenarnya bisa aja sih beli Screen Guard yang baru di Counter-counter ponsel. Namun sayangnya harganya lumayan mahal untuk ukuran sebuah “Plastik”. Untuk agan-agan yang berduit mungkin gak masalah ya. Tapi bagi kita-kita yang berkantong “ringan” pasti harus mikir 2 X nih untuk beli selembar Screen Guard. Sebuah Screen Guard aja di kota Q (Nabire, Papua) paling murah Rp. 50ribu. Duh. . . Mending beli pulsa 50ribu aja deh kalo gitu.

Nah. . . berhubung pada suatu hari Q gak sengaja ngelihat adik Q mempergunakan sebuah plakban/isolasi bening untuk melapisi layar HP-nya, maka Q pun juga tertarik untuk mencobanya. Kebetulan layar ponsel 5530 Q juga udah lepas Screen Guard-nya gara-gara plastiknya terkena serabut-serabut kain kaos Q dulu. Setelah nyobain dengan “sedikit” kreatifitas Q maka kini layar ponsel Q udah aman dari goresan-goresan kecil setidaknya (walau pun gak akan tahan bila di iris dengan pisau) :D

Kalian ingin tau bagaimana proses pembuatannya.? Ikutilah resep racikan Q berikut ini : :D

Siapin dulu bahan-bahannya :
¤ Isolasi / Plakban besar yang bening
¤ Pisau Cutter / Silet
¤ Pensil / Bolpoint
¤ Penggaris
¤ Kaca / Cermin
¤ Minyak Kayu Putih
¤ Cotton Butt (korek telinga) / kain
¤ Kertas Pelapis Bekas Stiker

Bahan-bahan diatas biasanya cukup mudah di temukan di sekitar kita kan bro. Sekarang kita praktekkan cara membuatnya.

Cara Membuat :
¤ Ukur layar ponselmu dengan menggunakan PENGGARIS. Ukuran panjang dan lebarnya harus teliti Centimeter + milimeter-nya ya bro agar pas di layarnya nanti.

¤ Ambil sebuah kertas bekas pelapis stiker (bisa di ganti dengan kertas lain yang penting permukaannya licin, contohnya seperti pada kertas bekas stiker motor, salonpas dll). Tarik ISOLASI/PLAKBAN secara perlahan agar tidak menimbulkan bekas lem pada plastik, lalu tempelkan pada permukaan kertas yang permukaannya licin tadi.

Screen Guard3.jpg

¤ Ukuran plastik isolasi dan kertas bekas stiker tadi gak perlu sama. Yang penting plastik isolasi udah nempel dan ukurannya sesuai / bahkan boleh lebih dari ukuran layar ponsel juga gak apa-apa. Potong kelebihan plastik isolasi yang tidak menutupi kertas tadi. Plastiknya di rapikan menurut bentuk kertasnya aja bro.

¤ Balik kertas yang udah di tempel isolasi tadi ke belakang. Nah kita akan menjumpai sisi kertas bekas stiker tadi yang kasar untuk kita gambar. Dengan menggunakan pensil/bolpoint dan penggaris, gambarlah sebuah persegi sesuai dengan ukuran layar ponsel kalian masing-masing. Gambar garisnya harus teliti ukurannya agar pas di layar loh.

Screen Guard4.jpg

¤ Udah jadi gambarnya.? Gunakan sebuah kaca/cermin sebagai pengalas, letakkan kertas “calon” Screen Guard-mu di atas kaca tersebut. Cermin/kaca disini berfungsi sebagai alas agar saat di potong pisau cutter/silet gak merusak permukaan meja kayu, selain itu agar hasil potongannya juga halus. Letakkan penggaris di garis persegi yang kalian buat tadi, luruskan dengan garisnya yach, setelah itu potong kertasnya dengan pisau Cutter/silet mengikuti letak penggaris agar hasilnya rapi.

¤ Untuk ponsel Touch Screen sebaiknya potong sedikit kertas plastik-nya di bagian atas untuk tempat sensor ponsel agar nantinya pada bagian area sensor gak akan ikut terlapis dengan plastik Isolasi tadi.

¤ Persiapan selanjutnya sebelum menempel “Screen Guard made in hand” kalian adalah, terlebih dahulu bersihkan layar ponsel kalian dengan minyak kayu putih beberapa tetes aja. Gosok seluruh bagian layar ponsel dengan menggunakan kain halus bersih atau cotton butt (korek telinga) untuk hasil maksimal sampai kinclong.

Screen Guard6.jpg

¤ Setelah kering basahi lagi layarnya dengan tetesan minyak kayu putih dan ratakan dengan cotton butt agar basahnya merata. Guna-nya ialah saat screen guard di tempel nanti pada layarnya gak akan muncul gelembung-gelembung udara yang ikut terjebak di dalam plastik.

Screen Guard7.jpg

¤ Langkah terakhir, buka secara perlahan plastik isolasi screen guard dengan penjepit. Soalnya apa bila di kupas dengan jari maka sidik jari kita akan tertempel di plastik isolasi tersebut. Oh iya, buka plastiknya jangan semuanya. Tempelin bagian ujungnya aja di salah satu bagian layar, lalu ratakan pada bagian tersebut pelan-pekan dengan Cotton Butt. Pastikan gak ada gelembung udara yang “terjebak” di dalam plastiknya bro. Kalaupun ada ya gak apa-apa, nanti bisa di beresin di bagian akhir. Untuk selanjutnya gosok terus plastiknya pelan-pelan ampe seluruh bagian plastik menempel dengan sukses di layar ponsel.

Screen Guard8.jpg

Jikalau emang ternyata ada gelembung-gelembung udaranya ratakan aja dengan jari-jari mu bro. Mungkin gak semuanya gelembung-gelembung tersebut akan langsung ilang. Solusinya, tunggu aja ntar malam, besok paginya pasti tu layar bakal halus kayak kulit putri keraton bro. Ini akibat efek dari minyak kayu putih tadi. Hehehe. . .

Screen Guard9.jpg

Di jamin, Screen Guard made in hand-mu kali ini bakal lebih awet gak copotnya di banding Screen Guard yang ada di pasaran. Lumayanlah dari pada gak pake Screen Guard sama sekali kan.? Khusus buat pengguna Sv5, Screen Guard ini gak akan mengurangi ke-sensitivitas-an layar ponsel mu saat di tekan bro. Soalnya Q pernah temuin kasus dimana layar ponsel touchscreen teman Q jadi malah kurang responsif saat di akses di sebabkan karena Screen Guard yang pada tebal plastiknya.

Oh iya satu lagi, jika kalian ingin melepas Screen Guard ini lakukan dengan pelan-pelan bro. Tenang aja, gak bakalan ada bekas lem isolasi yang menempel di layar ponsel, sebab sebelumnya udah kita lapisi dengan minyak kayu putih sebelumnya walaupun udah dalam jangka waktu yang lama. Kalaupun “seandainya” ada bahan pelekat isolasi yang nempel di layar, dapat kalian bersihkan lagi dengan menggosoknya dengan minyak kayu putih. :D

Gimana menurut kalian.? Ada yang mau menambahkan atau mempunyai ide yang lain.? Yang berminat silahkan mencoba trik ini bro. Gunakan kreatifitas kalian masing-masing agar hasilnya maksimal.

Posted by Wordmobi

About these ads

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadi perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;)

45 responses »

  1. anto mengatakan:

    repot bro…
    Mending beli..hehe

  2. 1noel mengatakan:

    wah kyanya ribet nih, butuh kerja keras n’ teliti.

  3. setiaonebudhi mengatakan:

    wuah,
    Mantap nih,
    Kreativ bgt bro dyka,
    One jg pernah, tpi bkn bikin anti gores,
    Melainkan buat melapisi casing,
    Pke skotlite yg buat motor..
    Mantep bro..
    Heheheh

  4.  ghie  mengatakan:

    kere aktif juga…

    mampir sini ya… ada yg musti kalian update (lagi)

  5. AnggA mengatakan:

    mantap bro… Tapi saya cukup ngeluarin 10rb aja buat beli anti gores…. Hhee

  6. mierza mengatakan:

    Kreatiph bro!
    Btw di sini 15rb udah dapet Screen Guard lho bro…

  7. yasha mengatakan:

    malah saya lbih parah lagi bro….pake plastik mika…ganti sebulan sekali..

  8. oyerio mengatakan:

    alhamdulilah di daerah sy dngn 10 rb sdh dpt sreenguard.

  9. setiaonebudhi mengatakan:

    permisii,
    Ada bro dyka gak ya?
    Itu ada pak solihin nyariin,
    Hahahahah

  10. dykas60v5 mengatakan:

    All :
    He3 untuk yg mau nyoba n kreatif aj bro. Enk y dsna dgn modal 10 – 15rb udh dpt. Dsni mah 50rb cm buat bli plastik kcl plindung layar itu. Wkwkwk

    Bang One :
    Mana2 (smbil clingak clinguk)

  11. rian ft. E mengatakan:

    wah di st kog mhl amt screen guard ya brow? Di riau cuma 5rbuan,mlh jarang yg pke scren guard kalo d sni,, tp mantablah kreatif brow,slam kenal

  12. oprinx mengatakan:

    tips yang sangat bermanfaat.

  13. rifky mengatakan:

    bisa nggk isolasi di ganti ama kaca film mobil????

  14. rahmannata mengatakan:

    mantap bro tpi isolasi x bisa diganti dngan scoklite bening ga??

  15. Sharing mengatakan:

    Kreatif tapi engga value untuk sebuah screen yg hanya 15rb. plastik Screen guard yg beli jadi 15rban ud lbh tahan gores dibanding selotip. Mending beli ah

  16. abu mengatakan:

    setuju, kalo boleh nambahin…
    Ane pernah bikin sama teorinya yang bedain cuma bahan dasarnya. ane nggak pake isolasi tp melainkan pakai kacafilm buat mobil, bisa minta potongan2 kecil ama bengkel2 mobil terdekat. malah kita bisa milih dari yg warna hitam 20% ampe 80%, coklat, hijau, ampe warna cermin. hehehe….

    • Dyka mengatakan:

      Waaah… Kreatif banget sob… Keren banget tuh ide dasarx :)

      “Teman harus selalu di perjuangkan, apapun itu. Teman baik selalu paling berharga”

  17. miki mengatakan:

    capcuss bro infonya

  18. ahmad mengatakan:

    lumayan juga infonya gan, ane coba praktek ah…,
    kalo kayu putih diganti dgn minyak sere bgmana gan?

    • Dyka mengatakan:

      Di coba aja, fungsi minyak dsini cuma buat ngebersihin layar dri kotoran kq

      Teman penghianat adalah sampah, namun seorang teman yg meninggalkan temannya sendiri jauh lebih rendah dari sampah

  19. ahmad mengatakan:

    kalo dtempat ane anti gores cuma 5rb, tapi pake made in sendiri lebih senang

    • Dyka mengatakan:

      5000 Mah murah sob, tpi gpp. klo bkin sndiri itu namax kreatif bro ;)

      Teman penghianat adalah sampah, namun seorang teman yg meninggalkan temannya sendiri jauh lebih rendah dari sampah

  20. priskilacharina mengatakan:

    susah mas bro, tpi kreatiffff

  21. pijar mengatakan:

    mau tuh….masangin dong……..

  22. suciptoblog mengatakan:

    ide yang sangat bagus seklai untuk menghilangkan gelembung angin (masuk angin) dengan minyak kayu putih. hehe.

    btw sangat bermanfaat gan, tapi nanti kalau solasinya di lepas apa tidak membekas kotor di layar??

  23. jago hp mengatakan:

    butek lah screenguard pake selotip, blom lagi lemnya lengket bis ngerusak plastik kaca aslinya.

  24. Phelani mengatakan:

    kreatip tapi ribet. mending beli aja, di counter ku cuma 1.000 perak

  25. pendi mengatakan:

    Mendingan beli dah 1.000 :D

  26. Android Forever mengatakan:

    pake solatip? kalo dihp LG (ELJI) gw kekecilan tuh solatip. dulu gua pernah beli anti gores 15.000 tp gelembungya ganggu bgt akhirnya terpaksa gua lepas @phelani hah seribu murah dunkkkkk

  27. Surani mengatakan:

    hah?? 50ribu? mahal amat. di tempat saya banyak yg jual gituan cuman seribu ajah. warna-warni lagi. tapi idenya kreatif kok. salut.

  28. trojan mengatakan:

    bisa-bisa jadi bejad layar hpku kalau pake cara itu

  29. cenom mengatakan:

    kreativ mas…. Hebaat..

  30. Erwin mengatakan:

    Trimakasih Bro..
    Penjelasannya detail banget..

  31. Erwin mengatakan:

    Trimakasih Bro..
    Penjelasannya detail banget…

  32. Fajar X Friend mengatakan:

    Bahannya ada yang kurang sob :(

  33. Fajar X Friend mengatakan:

    Sepertinya bahannya ada yang kurang sob :(

  34. aston mengatakan:

    beli anti gores laptop ukuran 14inch harga 15rb, tinggal potong, beres…
    di counter hp kalo gak ada anti gores yg sesuai tipe hp, biasanya dipotongin dari anti gores laptop…
    modal 15rb dapat dipakai 4hp harga 50rb… banyak juga untungnya ya…

  35. akhyar faruqi mengatakan:

    pake selotip kecil boleh kah???

  36. paser alit mengatakan:

    Mantap mas brow…tanks

  37. Rou Adrian mengatakan:

    ok tuh trik ngilangin gelembung udara pake minyak kayuputih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s