Assalamu’alaikum mas bro dan mbak bro. Apa kabar nih chuuuuy.??? Sehat.?? Moga sehat-sehat aja ya bro, kalo kebetulan lagi sakit ya buruan dateng sini, biar ntar gue suntik dengan suntikan sapi. Pasti yummmi…. ^.^v

Uhmmm…
Sore ini gue BT bro, dari pada gue jenggotan gak ngapa-ngapain dan suntuk kejang-kejang di rumah mending gue jalan-jalan di pantai. Kebetulan juga gue udah lama gak jalan-jalan and nongkrong di pantai.

Nah dari pada gak ada ide mau posting apaan mending gue ajak kalian jalan-jalan bareng admin sekarang plus biar kalian bisa lebih ngerti keadaan geografis Nabire city tempat sang admin (ganteng) kini berada.

Okeeh…
Kita mulai dari kotanya dulu ya.! Gue tinggal di kota Nabire city, Papua (kalo dulu mah namanya Irian Jaya). Jika kalian sempet ngelihat peta, Nabire city tepat berada di bagian tengkuk / leher bagian atas dari pulau papua yang kebetulan bentuknya seperti sebuah burung.

Papua.png
Nabire City Location

Secara geografis Nabire city di hadapkan dengan sebuah pantai yang melengkung ke dalam atau sebuah teluk yang di namakan teluk cendrawasih. Karena berhadapan dengan pantai, so rata-rata obyek wisata di nabire city kebanyakan berada di pantai. Ada banyak pantai-pantai yang di sulap bagian pesisirnya oleh penduduk sekitar untuk di jadikan pantai wisata plus sebagai usaha pemasukan bagi penduduk di sekitar situ.

Kebetulan pantai yang gue datangi sekarang berada lumayan dekat sih dengan rumah gue. Kurang lebih jaraknya sekitar 10 – 15 menit jika di tempuh dengan motor. Orang-orang biasa menyebutnya dengan nama pantai MAF. Kenapa di sebut dengan pantai MAF.? Karena emang di dekat pantai ini ada sebuah perusahaan penerbangan perintis ke daerah pedalaman dengan menggunakan pesawat kecil berjenis Cassa / Cessna bernama Mission Aviation Fellowship atau kalau di singkat menjadi M.A.F.

Pantai tepatnya ini berada persis di pinggir kota nabire. Uniknya di dekat pantai ini ada sebuah bandara Nabire yang tempatnya jadi satu dengan perusahaan M.A.F tadi. Kalo kalian mau bayangin kira-kira begini tempatnya. Dari arah laut pesawat dari jauh akan mendarat, dia akan terbang rendah melewati pantai MAF, sebuah jalan raya di samping pantai MAF dan kemudian di samping jalan raya tsb kurang lebih 20 meter itulah landas pacu airport bandara tsb. Jadi kalau kita lagi asyik duduk-duduk sore di pinggir pantai, kadang-kadang kita bisa ngelihat pesawat yang akan terbang mendarat dari dekat, keren bangetkan.?? Tapi sayang, dari tadi gue duduk-duduk disini belum ada tuh pesawat yang datang mau mendarat buat gue foto.

Oh iya, suasana sore ini sejuk banget. Gak terlalu panas, juga gak terlalu mendung. Sebenernya ada sih mendung, tapi letaknya ada jauh di ujung laut sana. Mungkin aja ntar malam mendungnya bakal tertiup angin ke daratan dan menumpahkan airnya ke sekitar rumah gue, brrrr. . .

Papua3.jpg
Nabire City Location

Kita balik lagi ke soal pantai…
Karena letaknya yang strategis di deket kota, tiap sore banyak banget orang-orang yang datang kesini buat duduk-duduk, ngobrol, nyantai hingga pacaran.!!!

Papua1.jpg
Sebuah Keluarga Asli Papua Lagi Nongkrong Cynnn

Papua4.jpg
Nah Lho.? Lumayan Rame Cynnn

Papua5.jpg
Mas mbak… Kalo pacaran disini bayar dulu.!!!

Gue sering banget dulu waktu masih kuliah datang duduk-duduk disini rame-rame bareng temen-temen kalo sore. Gak jarang juga sih kita nekat mandi-mandi di pinggir pantainya sekaligus buat ngusir stress gara-gara tugas-tugas kuliah yang numpuk dan menggunung.

Saat sekarang ini sih pemda Nabire lagi berusaha buat menata pemandangan dan lingkungan sekitar pantai ini. Salah satunya dengan membuat sebuah taman bunga di tengahnya, menanam pohon-pohon pelindung, mengatur dan membuatkan los-los mini buat penjual buah dan asesoris, serta memasang pohon lampu warna-warni yang jika malam akan menyala lampunya. Tapi sayang banget, para pengunjungnya belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan pantai. Sampah-sampah plastik dan botol minuman masih berserakan di halaman parkir motor dan pasir pantainya. Yah… Namanya juga baru di tata, jadi belum ada petugas kebersihannya yang buat nyampu sampah-sampah tersebut.

Sekarang kita bakal nyoba ngomongin sunset-nya. Sayang banget letak pantai maf ini sejajar dengan arah pergerakan matahari terbit dan tenggelam. Jadi, kalau matahari terbit maka munculnya di ujung pantai satunya, begitu juga saat terbenam maka mataharinya akan ilang di ujung pantai satunya lagi. Coba kalau tenggelamnya di ujung lautan, pasti lebih keren yah, dan pastinya juga lebih romantis. Ckckckck

Papua6.jpg
Sunset-nya gak terlalu bagus

Whoaaa… Gak kerasa udah sore, nyokap udah telepon nyuruh pulang coz motornya maho (upsss) mau di pake maksud gue. Gue cabut dulu ya cynnn….

Baca Juga :

Posted by :

Posted by Wordmobi

About these ads

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadi perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;)

9 responses »

  1. jayireng mengatakan:

    woy..!!

    Wkwk, kemaren di pantai kacamata ane ketinggalan..!

    http://jayireng.wordpress.com/2012/03/16/nerd-hahay-♂/#more-159

  2. Apri Fashari mengatakan:

    Saya jadi teringat dgn kampung halaman saya ini. Saya anak seorang tentara,dulu saya lahir di manokwari,tapi besar di nabire,tepatnya di SD Inpres Girimulyo (masih ada ga ya skolahnya?). Sering bpk n mamak ajak qta anak2 nya main ke pantai ini,tpi wajahnya blum spti ini,msh bnyk pepohonan n tumbuh2an disepanjang pantai.. Skrg domisili ku di surabaya.. Ale noge..

  3. akulian magai mengatakan:

    kami ini anak terlantar kami ingat kembali masa masa lampau atau kisah kisah lalu selamat tinggal kampung halamanku

  4. smbudy01 mengatakan:

    skarang namanya udah d gan. .
    skrang nama pantai Amawi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s