L.jpg
Lyric on Music Player

Assalamu’alaikum sobat…
Ahhhh… Hari ini gue lagi libur dinas, jadi paling enggak gue bisa nyantai sejenak dari kesibukan gue ngurusin pasien-pasien di RS. Dan di kesempatan kali ini gue cuma mau berbagi tips and trik kecil and simpel buat kalian yang masih Newbie di kalangan Symbianers.

Tips ini ESPECIALLY gue peruntukkan buat kalian para pengguna Nokia N97, N97 Mini, C6-00, dan mungkin juga pengguna CFW yang basenya menggunakan tipe-tipe ponsel yang udah gue sebutin tadi.

Kalian suka dengerin lagu.?? Pasti suka kan.? Selain di gunain buat komunikasi, ponsel-ponsel mid-end hingga high-end jaman sekarang so pasti udah di lengkapi fitur “Pemutar Musik” (fitur wajib). Dan gue yakin banyak diantara temen-temen sekalian menggunakan ponselnya untuk mendengarkan musik selain untuk sekedar menelepon maupun SMS.

Gue pikir dengerin lagu kesukaan tapi gak hafal liriknya itu bagaikan boker tapi lupa buat cebok. Kasus-kasus kayak gini sering kita temui saat dengerin lagu-lagu berbahasa inggris maupun bahasa asing lainnya. Contohnya aja gue yang suka banget dengerin musik bergenre J-Pop or J-Rock yang berbahasa jepang. So pasti kita membutuhkan sebuah lirik viewer untuk dapat “bernyanyi bersama” dengan lagu-lagu kesukaan kita.

Mungkin sebagian teman-teman ada yang menggunakan aplikasi tambahan seperti LCG JUKEBOX ataupun TTPOD untuk dapat menampilkan lirik saat lagu di putar. Tapi entah mengapa gue selaku admin blog ini yang mana udah pernah nyobain segala macam aplikasi pemutar musik malah lebih suka dengerin musik menggunakan pemutar musik bawaan nokia #admin berjiwa sederhana

Di Nokia C6 dan 5530 gue yang menggunakan CFW Skull dengan base C6 udah support dengan fitur lyric viewer dalam aplikasi pemutar musik bawaannya. So dengan menggunakan pemutar musik standar kita bisa dengerin musik plus membaca lirik lagunya (meskipun scrolling liriknya manual). Jadi gimana sih cara masukin lirik ke dalam lagu agar dapat terbaca oleh pemutar musik.??

Mungkin kalian masih inget postingan gue tentang bagai mana menggunakan aplikasi PC Lyric Editor untuk dapat menampilkan lirik di aplikasi TTPOD .? Kali ini gue cuma mau berbagi sedikit tips atau cara lainnya agar lirik lagu bisa terbaca di pemutar musik bawaan Nokia N97 – Mini keatas.

Cara ini lebih simpel tanpa menggunakan aplikasi apapun dan HARUS MENGGUNAKAN PC . Mau tau bagaimana caranya.?? Ikuti petunjuk gue di bawah ini.

1. Siapin dulu lagu mp3 dan lirik dalam format .txt (menggunakan fitur notepad di PC). Lirik lagu bisa di cari di Google, banyak kok.

2. Kalau udah dapat liriknya di Google, copy and paste liriknya ke dalam Notepad. Biasanya sih setelah di paste di notepad liriknya tuh jadi gak rapi antar bait-baitnya. Gunakan tombol enter untuk memisahkan baris antar bait-baitnya agar saat nanti nongol di pemutar musik liriknya tertata rapi.

3. Setelah pekerjaan merapikan bait-bait lagu kelar tinggal kalian copy / cut semua lirik tsb. Sekarang sorot file .mp3 dengan cursor mouse lalu klik kanan > PROPERTIES > SUMMARY. Jika kolom-kolomnya cuma tampil dikit coba klik ADVANCED.

L1.jpg
Properties > Sumarry

4. Copy lirik yang udah di rapiin dalam notepad lalu pastekan kedalam kolom LIRIK. Beres tinggal klik OK lalu transfer lagunya ke ponsel.

L2.jpg
Paste di kolom Lirik

5. Langkah terakhir tinggal refresh music library dan coba mainkan lagunya. Tadaaa… lirik pun nongol di ponsel-ponsel kalian.

L3.jpg
Tadaaa… Liriknya Nongol

NB :
Trik ini di praktekan di windows XP. Mungkin aja agak beda di windows 7 atau windows vista.

Baca Juga :

Posted by :

Posted by Wordmobi

About these ads

Tentang Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadi perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;)

»

  1. fadlyboy mengatakan:

    nyoba ahh. .

  2. FebriBlogs60v5 mengatakan:

    waaah… Lg ujian nih…
    Ntaran aja d coba… Thanx sob

  3. angga SDP mengatakan:

    test d windows 7 ah

  4. FebriBlogs60v5 mengatakan:

    Lapoorr …link sudah ditempel sob … tempel balik yak …i’m waiting .

  5. yu50f mengatakan:

    kalau lewat windows 7 gimana mas bro?

    • Dyka mengatakan:

      Itu yg q blm tw bro ᒴ

      -original message-
      Subject: [Dykas60v5's Blog] Komentar: “Tips and Trik – Cara Menambahkan Lirik Lagu Untuk Pemutar Musik Nokia N97 – C6″

    • wae^arix mengatakan:

      klo windows 7.. bnyak caranya sob..
      mlah enkn via pc.. bsa berkaraoke ria :D dbnding hp
      n bsa direkam pula + vokalnya di ilangin jg..kwkekkk….
      untk bro dyka… nice info……….. i like it

  6. pramana mengatakan:

    ndak muncul ndan

  7. muhammad dharuel mengatakan:

    Tpi bagai mana caranx klo di hp java

  8. orabagoes mengatakan:

    ane cba pake mp3 tag clinic bsa gan..
    dan di TTPOD cma pake xplor jg bsa kq..

  9. fahmiauliya12 mengatakan:

    abis klik advance gimana?

  10. gede mengatakan:

    weh hape java gak bisa je toh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s