Pada postingan episode kali ini, saya ingin membahas tentang aplikasi file manager terbaik. Aplikasi Xplore, mungkin bagi kalian yang udah sering mengutak-atik aplikasi udah tau banget aplikasi ini. Kalo menurut saya sih. . . Xplore merupakan aplikasi terbaik di antara aplikasi manager lainnya. Kenapa demikian.? Berikut kelebihan Xplore (lagi-lagi menurut saya)😀 :

  1. Tampilannya keren, kalo di klik folder-nya maka tampilannya seperti tampilan tree pada komputer.
  2. Mendukung berbagai macam tema lho, bahkan warnanya bisa mengikuti warna tema dari HP kita.
  3. Kemampuannya yang multi fungsi bisa di jadikan e-book reader, maksudnya Xplore dapat di gunakan untuk membuka file berupa teks atau pun dokumen dari ms. Word bahkan pdf.!

Bahkan bisa juga digunakan bagi kita jika ingin mengetik catatan dalam bentuk teks.

  1. Bisa di gunakan sebagai player berbagai lagu maupun video, untuk format video baru bisa memutar untuk jenis 3gp dan mp4, sedangkan untuk lagu bisa di gunakan untuk memutar file mp3, amr, dan wav  (gak tau juga ya untuk format suara yang lain J, soalnya belum pernah nyoba).
  2. Layaknya komputer, Xplore memiliki fitur membuka suatu file dengan menggunakan aplikasi lain yang ada di dalam HP kita.
  3. Bagi kalian yang suka nyimpen foto selingkuhan, gambar atau film XXX J bisa nyembunyiin filenya dengan fasilitas Hiden File seperti fitur pada komputer sehingga file tersebut gak nongol di galeri.
  4. Dengan tampilan file font-nya, jika mau kita bisa memilih font standart bawaan Xplore ataupun bawaan HP.
  5. Mendukung berbagai macam bahasa, diantaranya bahasa Inggris, Perancis, Rusia, Azerbaijan, Belarusia, Bulgaria, China, Belanda, Finlandia, Italia, Lavia, Arab (Persia), Polandia, Portugis, Roma, Slowakia, Spanyol, Turki, dan Ukraina. Sayang banget gak ada bahasa Indonesia  hiks hiks. . .
  6. Dan pastinya gratis seumur hidup.!!! (jika kalian mau membayar maka tampilan screen pembuka dapat di hilangkan)

 

Gimana sih cara menghilangkan atau menyembunyikan file.?

Caranya mudah banget. . .

Pertama-tama kita atur dulu pengaturannya, caranya tekan Menu > Tool > Configuration > lalu klik/centang pada pilihan Show Hiden Files . Hal ini akan membuat file yang terhiden tidak akan terlihat atau terdeteksi di galeri ataupun di Xplore. Jika di hilangkan tanda centangnya maka file yang ter-hiden tidak akan muncul di galeri namun masih bisa terlihat pada aplikasi Xplore. Jadi terserah kalian mau memilih yang mana.

 

Selanjutnya untuk mulai meng-hiden atau menyembunyikan file tersebut, kita tinggal sorot aja file-nya. Kemudian tekan Menu > File > Attributes > lalu klik / beri tanda centang pada Hidden.

 

Beres. . . file yang kalian mau udah tersembunyi dari galeri. Kerenkan.? Jadi gak perlu banget tuh kalian harus install aplikasi ini itu untuk menyembunyikan sebuah file, apalagi jika kita harus menyambungkan HP kita ke PC cuma untuk menyembunyikan sebuah file. Cukup dengan satu aplikasi kita dapat memanage semua jenis file.

 

Bisa digunakan untuk memindahkan  file Bluetooth atau MMS yang ada dalam inbox HP gak.?

Oooohh. . . tentu bisa dunk . . . masak gak bisa sih.? Mudah banget. . . cukup beberapa kali tekan, maka seluruh file yang ada di inbox kita dapat di pindahkan ke MMC ataupun memori HP kita tanpa harus membuka satu-persatu inbox HP kita hanya untuk sekedar menyimpannya di MMC kita, repot.!!. Gak percaya.? Ini caranya :

Setelah semua file terkirim di HP kita, langsung aja buka Xplore terus tekan Menu > Tool > Messaging . Nah tinggal kita tandai aja file-file berdasarkan jenisnya atau jika mau bisa langsung ditandai semua jika ingin semua filenya di pindahkan. Setelah ditandai klik Menu > Edit > Move lalu tentukan dimana file tersebut akan di simpan. Bisa di MMC ataupun di Memori telpon, jika mau kalian bisa membuat folder baru dan mem-paste-kan file tersebut di dalamnya den cara menekan OK . Sekarang coba lihat inbox kalian, semua file yang masuk tadi akan hilang karena udah di pindahkan semua ke dalam folder. Praktis banget. . . (Bandingkan dengan aplikasi file manager yang lain, pasti ribet.!!)

Kelebihan yang lain, aplikasi ini selalu meng-update versinya lho. Makin tinggi versinya maka makin keren aja fitur-fitur di dalamnya. Xplore mempunyai  kemampuan untuk meng-upadate secara otomatis atau secara manual. Jika di setting secara manual maka sering-seringlah kalian untuk mengupdate-nya. Saat ini versi Xplore yang terakhir adalah versi 1.51.

Mau. . . Pengen. . . penasaran banget buat nyobain. . .

Tenang. . . sebagai tuan rumah yang baik saya sediakan deh aplikasinya buat kamu. Silahkan nih seruput aplikasinya di “sini aja” atau jika gagal bisa di “download di sini”

Jangan lupa tinggalin uang pas, eh maaf komen-komen-nya yaaa demi kemajuan blog ini. Sampai jumpa di postingan selajutnya.!!

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :)

31 responses »

  1. aa cute mengatakan:

    wah bagus juga tuh postinganya..bagi agan2 yg baru melek symbian bs tuh dijadikan sbgai basic untuk mengoprek symbian..oy bwt pk ngadimin tlong dunk brx kali punya trik untuk merubah tampilan image xplore saat pertama buka jadi foto kita.

  2. Dyka mengatakan:

    Whuuussh, kq pak ngadimin c.?? Duh q lum mnguasai ilmu tingkat tinggi kya gt sob. Pln2 dl blajarx sob.

  3. aa cute mengatakan:

    gan ada trik update firmware n70 gak..yg simple n jelas..

  4. Dyka mengatakan:

    Aa :
    Wadoow. . . Udh g pgang N70 kwn. So g bs lg ngoprek2 tu hp. So g tau kwn gmn crax.

  5. Masboy mengatakan:

    Bos koq app explore q prtma di install bisa di buka tpi udah lma2 koq nga bsa bsa dbuka lagi….

  6. dykas60v5 mengatakan:

    Coba instal ulang bozz, klo tetep g bisa coba soft reset *#7780* klo tetep ga bisa terpaksa hard reset *#7370#

  7. Ayra mengatakan:

    Skedar berbagi.Utk merubah tampilan image (splash screen) x-plore,buka dgn mnggnkan x-plore itu sndri folder E:\system\apps\x-plore\explorer\data.dta.Copy file “data.dta” ke mn aja.Ubh nm jd “data.zip”.Buat folder baru dimn aja yg pntng jgn jauh2 dr folder x-plore.Buka “data.zip” dan extrak smua file didlmnya kefolder br tsb.Cari file didlm folder br tsb dgn nama “logo.png”.Ganti dgn foto km dgn catatan ukuran,nama foto dan format gmbr hrs sm.Beri nm foto kamu “logo.png”(tnpa tnda kutip).Klo sdh,kemas kmbli smua file didlm folder br tsb kedlm zip.Tandai smua filenya.Tekan MENU->ZIP->COPY TO ZIP.Copy kn lngsung ke E:\system\apps\x-plore\explorer\…Beri nma “Data.dta”.Overwrite aja file yg lm.Keluar & bk lg X-plore.Lihat hasilnya.Bahasa & warna tema pn bs ditmbh.

  8. Dyka mengatakan:

    Ayra :
    Whoaaa. . . Keren.!! Segera ke lab bt uji cb. Kl brhsil Q posting triknya bro. Thanks thanks

  9. Ayra mengatakan:

    Gmn bro…berhasil g?

  10. Dyka mengatakan:

    Hiks, g bs sob. Q udh cri di direktor E atau pun C, g ada yg namax folder x-plore dlm folder tree System > apps. Bro punya xplore d instal di nokia tipe apa.? Kq jd beda ya?

  11. Ayra mengatakan:

    Sori2.Itu tuk s60v2.Klo tuk s60v3/s60v5 ada di folder e:\private\a0000bcd\Explorer\data.dta.Mngkn berbeda di stiap type/OS masing2.Pokoknya ada di folder Private.Tp ini utk Hp yg udh di HACK.Klo blm g bakal bs di buka tu folder Private di C:\ & E:\.Di tnggu y hasilnya….

  12. Dyka mengatakan:

    Berhasil sob.! Keren, ntr q posting n q cntumin namamu. Q jg udh brhasil ubh bhasax mnjdi bhasa indonesia. Thx berath bro

  13. Dyka mengatakan:

    Btw untuk nambahin warna tema gmna bro? Q udh otak atik folderx tpi g ada yg nyangkut2 soal warna tema gt.

  14. Ayra mengatakan:

    Km edit aja tu “config.txt”.Cari kata “color_theme1=0”.Ganti angka ‘0’ menjadi 999.Shngga menjadi “color_theme1=999”.
    Tp saran gw g ush deh ditmbhin wrna theme nya.Krna ada wrna yg bikin kacaw tu tampilan x-plore.Tulisan nya ada yg jd g nampak.Tp ada jg kq yg cocok.999 jenis warna theme…apa g bosan nyobain smuanya.Mg sukses bro!

  15. Ayra mengatakan:

    Btw situ org mn sih.Daerah mn?Apa g slh tu tampilan jam di blog nya km.

  16. Dyka mengatakan:

    Thx infox sob. Q d papua bro, so format wktux y wktu indonesia timur. Beda 2 jam dri t4 mu. Situsmu lg dlm msa pembuatan y bro?

  17. Ayra mengatakan:

    Yoi…lg mls update ntu situs.Btw,sm lho dgn aplikasi buatan LCG lainnya cara memodifnya.Aplikasi selain LCG,gw cm bs mentranslate nya aja.Udh tw kn cara mentranslate/ubah bhsa aplikasi/game?

  18. Dyka mengatakan:

    Klo Produk LCG udah bs bro. Lah.? Kl app n game gmn lg crax bro.? Game .sis atw java bro.? Waduh. . . Harus byk blajar nh ma bro Ayra.! Mhon ptunjukx bro.😀

  19. Dyka mengatakan:

    Klo Produk LCG udah bs bro. Lah.? Kl app n game gmn lg crax bro.? Game .sis atw java bro.? Waduh. . . Harus byk blajar nh ma bro Ayra.! Mhon ptunjukx bro.😀😀

  20. Ayra mengatakan:

    Sis atw pn java bs.Tp hrs pke aplikasi python ‘Zntxhan’ dan ‘Python basic’ (ada 3).Klo aplikasi symbian biasanya ada pd file *.rsc *.app.Klo game mngkn brbeda2,tp biasanya di file *.app.Nah,klo apps/game java hrs dibongkar dl.Atw lbh mdhnya pke X-plore.Cari file td,tekan angka 8.Tekan tmbl panggil/hijau.Cari kata2 yg biasanya ada pd apps/game tsb.Ganti kata2nya sesingkat mngkin,paling tdk hrs sm jmlah karakter (tdk blh krg atw lbh).Klo krg blh ditmbah dgn spasi.

  21. Dyka mengatakan:

    Mmm kyax rada rumit y bro. Bisa sertain file2 phytonx g bro + sbuah artikel yg d lngkapi dgn screenshot via ms.word aja. Ntr biar Q pelajari jurus2x d artikel tsb. He3
    Itu pn kl sensei Ayra pnya PC n ada wkt krm email d dyka.asmara@ymail.com
    Kl g ada ms.word, pke file .txt jg gpp bro. Srius Pengen blajar bro.

  22. Ayra mengatakan:

    Sabar y…lg dibuat.

  23. Ayra mengatakan:

    Oya..bro,situ Hp nya type apa sih?

  24. Dyka mengatakan:

    Ok bro, ntr konfirmasi y klo udh d krm. Q pke S60v5 bro, nokia 5530

  25. Ayra mengatakan:

    Di cek dl email nya.

  26. Ayra mengatakan:

    Konfirmasi ke emailku y klo udh diterima.

  27. antogondhes mengatakan:

    msh bingung gx isa

  28. syamsul hadi mengatakan:

    kawan kmren ane abis blututan sma kawan ane ,
    nah filenya ane move dri tool, massaging, ke folder ane ,
    nah setelah ane move itu file ,
    di tools, massaging ternyata file yg ane udah pindahin masih ada file nya,
    n ane hapus jga gak bisa,
    malah kadang explore nya keluar sendiri ,

    tolong bantuannya sob !!!!

  29. Mbelgedezberiman mengatakan:

    Gan kenapa pada saat memindah file dri bluetot kok gag bisa di cut tpi kok copy eaaah memorinya gag cukup donk

  30. Arden mengatakan:

    What a excellent wewebsite you have right the following.
    Make sure you up-date that more often. This particular subjects is my attention.
    Thank you.

  31. nova mengatakan:

    download ga bisa ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s