Hohoho. . . masih inget saat kecil dulu gak sob.? Saat masih imut2 dan amit2 :mrgreen: hehehehe. . . Jadi inget waktu kecil maen permainan tradisional yang dalam bahasa jawa di sebut dengan “Dakon”. Itu lho. . . permainan yang memasukkan biji kacang berbahan plastik kedalam lubang2 yang berjumlah 6 atau bahkan lebih secara berurutan, pemenangnya ditentukan dengan cara siapa yang mengumpulkan biji kacang terbanyak.

Ternyata permainan ini juga banyak di jumpai di berbagai daerah di Indonesia dan berbagai negara di dunia dengan bermacam-macam nama. Masih inget dalam ingatan saat memegang HP monokrom jadul pertama Q, Nokia 3310. Didalamnya juga ada game sejenis yang aq lupa apa namanya, mungkin agan2 sekalian masing inget.?

Kali ini pihak Offscreeen mengusung permainan tradisional ini ke dalam S60v5 berformat flash dengan nama “Mancala” (nama yang aneh, mungkin sebutannya begitu kali di negara tempat Offscreen). Permainannya cukup mudah dan simpel. Cukup menyentuh kotak atau tempat biji yang akan dipindahkan satu per satu.

Mancala1.jpg

Permainan ini juga membutuhkan strategi lho, bila biji tepat jatuh di kotak kosong tempat kita sendiri, maka biji di kotak milik lawan yang tepat berada di depannya akan jadi milik kita. Oleh karena itu pintar2lah berhitung dimana nantinya biji yang akan kita pindahkan jatuh terakhir.

Mancala2-001.jpg

Hummm. . . setelah dipikir2 melalui permainan ini juga kita bisa tetap memelihara kelestarian permainan tradisional. Namun tentunya dengan format baru berupa format digital.

Yuuup. . . tanpa berlama-lama lagi segera klik link-nya untuk mengunduh permainan ini. Selamat bermain. . . bagi yang muslim jangan lupa sholat kerena keasyikan maen game ini.!

File Info
Nama : Offscreeen Mancala Touch
Size : 350 Kb
Format : .sis / Symbian
Platform : S60v5 Edition
Link : ➡ “Download disini”

Posted by Wordmobi

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :)

2 responses »

  1. AnggA mengatakan:

    Ajjjibbb

  2. Dyka mengatakan:

    Ho3, tq tq sob udah maen ksni. Next time gnti aq yg brkunjung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s