Bar Code adalah suatu kumpulan data optik yang dibaca mesin. Sebenarnya Bar Code ini mengumpulkan data dalam lebar (garis) dan (spasi garis pararel dan dapat disebut sebagai kode batang atau simbologi linear. Penggunaan bar code pada awalnya adalah untuk mengotomatiskan sistem pemeriksaan barang di swalayan. Penggunaannya telah menyebar keberbagai fungsi lainnya.

Di Jepang malah Bar code ini dapat di baca dengan menggunakan HP saja, canggih bukan.? Fungsi barcode sendiri sudah menyebar ke arah yang lebih luas. Di antaranya mengecek harga barang dan data dari barang tersebut, penggunaan pada kartu anggota yang berfungsi untuk mengidentifikasi anggota dari suatu klub dsb, pelacakan gerakan item, termasuk sewa mobil, bagasi makapai peerbangan, bahkan pada barcode 2D dapat di fungsikan sebagai link pada suatu produk iklan yang ada di internet. Ckckckckckckck makin canggih aja yah.?

Barcode.jpg

Coba perhatikan, akhir-akhir ini bila Anda membeli barang yang sudah dipasarkan di pasar global, selain tertera barcode, disampingnya kini mulai marak tertera juga QR Code yang berbentuk seperti susunan pixel. Apakah QR Code itu, bagaimana cara membacanya, dan apa kelebihannya dibandingkan barcode biasa? QR Code merupakan matrix code / barcode 2D yang awalnya banyak digunakan oleh perusahaan Jepang (Denso-Wave) mengingat disinilah terciptanya QR Code (tahun 1994). QR berasal dari istilah “Quick Response” dimana isi data barcode dapat di-encode secara cepat. Bila anda sering membeli produk Jepang atau bahkan membaca majalah Jepang, sering kita jumpai QR Code ini. Fungsi dari QR Code hampir sama dengan sistim barcode yang kita kenal selama ini yaitu digunakan untuk mengidentifikasi sebuah benda yang ditempelkan bar code tersebut tetapi sebenarnya QR Code ini bisa digunakan lebih luas untuk segala macam kebutuhan seperti dipasang di kartu nama, di iklan dan lainnya. QR Code sendiri bisa diisi dengan kode produk (teks), alamat website serta info kontak (contact information) yang berisi nama, alamat dan no. telpon. Scanner yang support untuk membaca QR Code haruslah scanner barcode 2D yg berbasis CCD, seperti Metrologic MS1690 Focus atau Unitech MS336. Ada lagi cara untuk membaca sistim kode yang ada di QR Code tidak dibutuhkan sebuah alat scan khusus yang biasa kita temui tetapi cukup dengan HP yang mempunyai fungsi kamera ditambah software khusus untuk membaca QR Code (seperti QuickMark Mobile Barcode). Salah satu contoh yang sederhana mengenai penggunaan QR Code ini adalah dicantumkan di kartu nama. Dengan mencantumkan QR Code di kartu nama maka klien anda tidak perlu repot untuk memasukkan nama, alamat serta no. telpon anda di kartu nama secara manual, cukup gunakan HP yang sudah bisa membaca QR Code, otomatis semua data akan masuk ke Phone Book mereka di HP. Mudah kan? Beberapa HP Nokia tipe N9x sudah dilengkapi dengan fitur Nokia Barcode Reader pre-installed. Berikut ini beberapa kelebihan QR Code dibandingkan dengan barcode biasa: * Kapasitas data yang lebih banyak dimana pada Bar Code hanya bisa menyimpan maksimum 20 digit data sedangkan pada QR Code bisa menyimpan sampai ratusan data. * Tipe Data yang disimpan oleh QR Code juga beragam mulai dari angka, huruf bahkan sampai huruf Jepang seperti Kanji, Hiragana dan Katakana. * Ukuran cetak untuk QR Code jauh lebih kecil karena QR Code dapat menyimpan data baik secara horisontal maupun vertikal. * Hasil cetakan di QR Code lebih tahan terhadap kerusakan seperti debu sampai robek bahkan data di QR Code masih bisa dibaca walaupun sebagian kode sudah rusak atau robek (maksimum tingkat kerusakan 30%). * QR Code dapat dibaca dari segala arah atau sudut (360 derajat) sehingga kemungkinan gagal dalam membaca QR Code sangat kecil. Bila anda tertarik dengan QR Code maka anda juga bisa membuat sendiri QR Code dengan menggunakan QR Code Generator.

Sumber :
indocashregister.com

Pengen HP-mu dapat di gunakan untuk membaca barcode.? Silahkan kalian Download di blog yang paling keren ini (narsis mode on). Aplikasi ini mengingatkan Q pada nokia N93i dulu. Di dalamnya juga ada aplikasi ini dan merupakan aplikasi standar bawaan HP N93i.

Barcode1.jpg

Saat coba mempraktekkan cara men-scan kode pada sebuah barcode 2D, didapatkan hasil dari scan berupa sebuah alamat web resmi dari produk tersebut. Hehehehe. . . dengan kata lain barcode tersebut dapat berfungsi sebagai media iklan dunk.

Barcode2.jpg

Barcode3.jpg

Barcode4.jpg

Pernah juga aq iseng men-scan barcode dari salah satu dari sebuah majalah komputer tanah air. Kebetulan waktu itu barcode-nya terpampang pada sebuah jawaban kuis di majalah tersebut. Saat di scan ternyata yang muncul adalah sebuah jawaban SMS yang akan di kirim ke sebuah nomor yang emang udah di siapkan panitia kuis tersebut. Hummm canggih juga kan.? Cuma sayang banyak orang yang belum tau fungsi dari barcode tersebut. Bagi kalian yang berminat pengen cobain gimana sih barcode tersebut bekerja bisa mendownload apikasi ini. Sebagai info aplikasi ini dapat juga berjalan pada symbian S60v3 dan v5.

Kalian sebenarnya dapat membuat Bar Code sendiri loh. Coba main ke http://qrcode.kaywa.com/. Dan ciptakan Bar code-mu sendiri. Sebagai tes uji coba, silahkan setelah di instal aplikasinya, segera scan gambar bar code berikut dengan kamera-mu.

Dyka Barcode

File Info
Nama : Nokia Bar Code
Size : 430 Kb
Format : .sis / Symbian
Platform : S60v3, S60v5
Link : “arrow” “Download Disini”

Posted by Wordmobi

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :)

9 responses »

  1. Dyka mengatakan:

    All :
    Siip dah. . .

  2. Dedy Ananta mengatakan:

    Mas, ukuran barcode pengaruh ga utk hasil pembacaannya? karena aku pernah denger utk aplikasi QRCode reader di Symbian kekurangannnya masalah ukuran QRCode yg dibawah 4cm tidak bisa dibaca, begitu, atas jawabannya terima kasih.

  3. zhankprima™ mengatakan:

    Kalo’ wat s40 ad ga’ gan?

  4. zhankprima™ mengatakan:

    Kalo’ wat s40 ad ga’ gan? 5ksih

  5. Today, I went to the beachfront with my kids. I found a
    sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put
    the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear.
    She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

  6. It’s wonderful that you are getting thoughts from this post as well as from our dialogue made at this place.

  7. I have been surfing online more than three hours today,
    yet I never found any interesting article
    like yours. It is pretty worth enough for me. In
    my view, if all web owners and bloggers made good content as you
    did, the internet will be much more useful than ever before.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s