Punya banyak nada dering siapa sih yang gak mau.? Apalagi jika itu adalah nada dering musik dari artis2 yang lagi nge-trend dan masih baru di rilis pula.! Hehehehe. . . dulu Q selalu berburu nada dering tersebut jika ada lagu baru yang keren dan di sukai banyak orang. Pasti bangga saat memakainya :mrgreen:

Namun yang jadi masalah jika kita tak punya PC atau Notebook yang di lengkapi dengan aplikasi pemotong lagu MP3. Nah gimana ya untuk menyiasatinya. Pada Sv3 pernah Q instal aplikasi yang berguna untuk memotong lagu MP3 menjadi nada dering bernama MP3 Cutter. Sedangkan untuk Sv5 aplikasi tersebut ada gak yaa.??

Ada dunk sob, namanya Ringtone Maker. Dengan ini semua lagu2 favorit mu bisa di potong menjadi nada dering untuk profilmu. Namun (ada tapi-nya lhoo) sayangnya format output audionya masih berupa MP3. Sayang ya bukan format .wav namun tak apa. Tak ada rotan akar pun jadi. hehehehe

Yuuk kita bedah daleman aplikasi ini. Saat masuk kita akan di suguhi beberapa macam option. Di antaranya Open music file from (membuka file musik dimana berada) dan Save ringtone to (di folder mana nantinya hasil pemotongan lagu akan disimpan.

Ringtone1.jpg

Pertama kita atur dulu Open Music File From, atur ke folder tempat kita menyimpan file musik-nya, misalnya kita buka pada folder E:\MP3. Lalu pada option selanjutnya pada Save Ringtone to kita atur ke E:\Sound\Digital.

Setelah semua selesai di atur, tekan selesai. Maka kita akan di tampilkan pada file musik yang ada dalam folder MP3 tadi seperti ini, pilih salah satu lagunya.

Ringtone2.jpg

Kalau udah secara otomatis akan masuk kedalam fungsi edit lagu seperti ini.

Ringtone3.jpg

O iya nantinya lagu yang di pilih akan secara otomatis akan terputar. Sebaiknya kalian mencatat pada detik keberapa lagu akan di potong di awal hingga akhir. Hal ini sebagai patokan agar saat meng-edit lagu nantinya hasilnya akan pas sesuai yang di inginkan.

Kalau udah di catat waktunya kalian bisa mem-PLAY ulang lagunya dari awal lalu tekan START pada saat lagu menunjukkan detik awal di mana lagu akan di potong. Biarkan lagu memutar hingga sampai detik akhir di mana lagu akan selesai di potong dengan menekan FINISH..

Ringtone4.jpg

Setelah selesai kita akan di hadapkan dengan menu seperti ini untuk langkah selanjutnya.

Ringtone5..jpg

Kita bisa memilih PLAY SOUND untuk mendengarkan hasil potongan lagu tadi. Atau EXACT EDIT untuk meng-edit kembali lagu tadi jika merasa ada yang kurang pas di hati. Jika kalian memilih Exact Edit maka tampilannya akan seperti ini.

Ringtone6.jpg

Perhatikan simbol lingkaran berwarna hijau di tengah. Lingkaran tersebut di bagi menjadi 2 arah panah kanan dan kiri. Tekan panah kanan untuk mengubah detik awal lagu di mainkan sesuai keinginan, atau tekan panah kiri untuk menentukan di detik keberapa lagu akan selesai. Jika udah pas pilih Confirm dua kali. Kalau udah siip, segera deh save ringtone-nya di SAVE RINGTONE. Kalo ingin langsung nadanya di jadikan nada dering kalian bisa memilih ASSIGN as RINGTONE. Mudah banget bukan.? 🙂 😉

Tertarik.? buruan segera unduh pada link yang tersedia. Tancaaaaaaaaaaaap. . . . .

NOTE :
Jika kalian kesulitan men-download di 4Shared via HP ada baiknya kalian membaca artikel Cara Men-download di 4Shared Yang lagi Error berikut ini.

File Info
Nama : Ringtone Maker
Size : 390 Kb
Format : .sis / Symbian
Platform : S60v5 Edition
Link : ➡ “Download disini”

Posted by Wordmobi

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :)

6 responses »

  1. vpat mengatakan:

    sayang nggak punya hp s60v5 hehe…

  2. Dyka mengatakan:

    Bung vpat :
    Kbetulan Q jg pnya aplikasi pmotong lagu bt S60V3 bro. Postingan slanjutx ntr q upload deh.

  3. hormatgrakk mengatakan:

    izin nyimak gan

  4. aris decoration mengatakan:

    kalo untuk nokia e63 bisa ato gak sob?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s