Tips1.jpg

Haloo aloha. . . . Jumpa lagi neeh dengan Q setelah beberapa hari G posting tulisan di blog kesayangan Q ini. Ini neeh Q punya trik terbaru tentang cara mem-posting artikel secara cepat dengan Wordmobi.

Bagi para bloger, pasti udah tau dunk tentang Wordmobi.? Itu tuuh. . . Aplikasi buat HP symbian v3 maupun v5 buat nge-blog. Cukup nulis artikelnya via ponsel, sisip link maupun gambar lalu upload dah.

Namun masalah mulai timbul jika saat ingin memasukkan gambar dalam jumlah banyak. Bukan masalah serius sih, namun buat Q cukup memakan waktu juga. Soalnya kita harus masukin gambarnya satu2 dari galeri. Dan jika kebetulan gambarnya banyak kita harus melakukan hal yang sama berulang2, BT gak sih.?

Maka dari itu Q berusaha mengakali atau mencari cara bagaimana supaya kita tetep bisa menulis artikel, namun dengan mengoptimalkan waktu n gak repot masukin gambarnya.

Ok deh gak usah panjang lebar, kita langsung aja deh gimana trik-nya. Apa aja sih yang di butuhkan dalam melakukan trik ini.? Simple aja bro, semua udah ada dalam ponselmu, bahan2nya adalah :

– Catatan / Notes bawaan Nokia
– Xplore
– Aplikasi Screenshot / Screensnap
– dan pastinya Wordmobi dunk.!

Tips2.jpg

Gimana.? Semuanya pasti udah ada kan dalam ponsel bro2 sekalian.? Yuup. . . Kita mulai trik-nya, konsentrasi :mrgreen:

Hal pertama yang bro lakuin adalah mengambil gambar2 aplikasi atau game yang diperlukan untuk nantinya di masukkan ke dalam artikel dengan menggunakan Screensnap atau Screenshot. Setelah kelar, dengan menggunakan Xplore bukalah folder tempat penyimpanan gambar screenshot tersebut (biasanya gambar2 tersebut secara otomatis akan tersimpan dalam folder yang udah di setting oleh aplikasi screenshot).

Langkah selanjutnya, rename atau ubahlah nama file2 gambar tersebut sesuai dengan nama aplikasi yang akan sobat tulis artikelnya. Urutkan gambarnya dengan menambahkan angka sesuai urutan gambar di artikel nantinya (contoh wordmobi1.jpg, wordmobi2.jpg, dst).

Setelah beres kita pindah ke aplikasi catatan / notes bawaan nokia. Bagi para bloger pasti membutuhkan alamat link download file atau pun link untuk keperluan lain. Sebaiknya para bloger selalu menyimpan alamat link2 tersebut dalam catatan bawaan nokia.

Udah ada belum link yang di butuhkan.? Kalo udah, kita beralih ke dalam aplikasi Wordmobi. Buatlah opsi sisipkan gambar (masukin aja gambar sembarang hasil dari jepretan dari aplikasi screenshot tadi)

Gak lupa juga sertakan opsi sisipkan link, masukkan aja alamat blog sobat sebagai isian untuk http nya. Jika bro mau, masukan juga opsi2 yang lain. Contohnya efek huruf tebal, readmore, strike dll. Masing2 efek pisahin satu baris dengan menekan tombol enter agar tulisannya tidak tercampur satu sama lain.

Tips3.jpg

Udah beres semua.? Sekarang tinggal di copy / salin semua opsi2 tadi. Blok semua tulisannya, tekan pilihan dan copy. Keluarlah dari aplikasi wordmobi dan buka aplikasi catatan / notes bawaan nokia. Buat catatan baru dan tekan Pilihan lalu tempel / paste-kan tulisan dalam wordmobi tadi ke dalam catatan dan simpan, beres dah.

Nah itu tadi inti dari format2 penulisan yang ada dalam wordmobi udah kita dapatkan. Terus gimana cara menggunakannya.? Mudah sob, Q punya kebiasaan selalu membuat konsep artikel dengan menggunakan fitur catatan / notes bawaan nokia sebelum mem-postingnya ke dalam blog. So menulislah seperti biasa calon artikel-mu dengan menggunakan notes nokia. Jika akan memasukkan efek seperti Readmore kalian tinggal menekan tombol Selesai (yang artinya menyimpan artikelmu), lalu buka catatan yang berisi format2 wordmobi tadi. Cari tulisan tentang efek Readmore, blok tulisannya dan copy. Selanjutnya buka kembali catatan artikel tadi dan paste-kan efek readmore tersebut.

Hal yang sama juga berlaku untuk efek2 lainnya, termasuk juga sisip link ataupun gambar. Khusus untuk sisip gambar kalian tinggal mengubah nama gambar sesuai dengan nama file yang akan di upload nantinya. Setelah kalian mempaste SEBUAH format sisip gambar dan mengubah nama file gambar sesuai dengan nama gambarnya, ada baiknya kalian mengcopy format tersebut. Jika ingin memasukkan gambar lain, maka tinggal paste aja format yang tadi. Lalu tinggal ubah aja angka yang ada di belakang file tersebut sesuai urutannya. Mudahkan.?

Jika ingin memasukkan link juga sama, cari format sisipkan link. Blok n Copy formatnya, paste ke dalam artikel. Lalu buka catatan yang berisi alamat link, copy dan paste-kan ke dalam format sisip link dengan sebelumnya menghapus alamat blog-nya sobat sekalian dan menggantinya dengan link yang udah di copy tadi.

Setelah semuanya kelar, blok semua calon artikel tadi lalu copy / salin. Buka wordmobi dan paste-kan ke dalamnya. Terus tinggal isi judul’ category, dan tag tag yang di perlukan. Beres dah. . . Tinggal upload or posting tanpa perlu repot2 lagi sisip2 gambar ataupun link2 yang cukup memakan waktu.

Posted by Wordmobi

Iklan

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :)

18 responses »

  1. dykas60v5 berkata:

    hihihiihi. . . thanks sob. . .

  2. AnggA berkata:

    like this

  3. Dyka berkata:

    Bro angga n bro yudi :
    Thanks bro, bro yudi napa udh jarang posting artikel.?

  4. Abi hasna23 berkata:

    Met kenal bro,nice inpo

  5. dykas60v5 berkata:

    Abi :
    Yup your welcome bro.

  6. Mrpattycash berkata:

    Mantap abiss..Tambah 1 lagi bos, klo kita nyimpennya di4shared, kita bisa pakai 4shared mobile buat mengetahui link file yang akan kita share.

  7. Dyka berkata:

    Mrpattycash :
    Tq sob, q pke 4shared mobile lama bngt upload filex sob. Q lbh milih upload via PC aja bro.

  8. GHIE berkata:

    nice….
    kenapa.word mobiku ha bisa save draft n ga bisa liat stats ea???

  9. GHIE berkata:

    nice….
    kenapa.word mobiku ga bisa save draft n ga bisa liat stats ea???

  10. setiaonebudhi berkata:

    wuaaah, mantap bro,
    ane juga udah menggunakan salah satu tips di atas,
    tapi skrg jdi lebih simpel,
    thx lot bro,
    LOVE U FULL buat postingan ini,
    ๐Ÿ˜€

  11. guvi berkata:

    salam kenal mas…
    Wah mantap triknya…nanti saya contek caranya…

  12. Dyka berkata:

    Ghie :
    Sama bro, wordmobi g bs d gunakan u/ mlht statistik and save draft. U/ statistik gunakan app WP for nokia. Ini linkx https://dykas60v5.wordpress.com/2011/01/13/wordpress-for-nokia-aplikasi-manajemen-blog-wordpress-via-ponsel/

    Setia1 + guvi :
    Tq bro

  13. Marlys berkata:

    Hi there, of course this article is genuinely good and I have learned lot of things from it on the topic of blogging. thanks.

  14. Williams berkata:

    Yes! Finally someone writes about tanda pearl ionic teeth whitening system.

  15. A-bede berkata:

    Tips bermanfaat gan ๐Ÿ˜†

  16. Maribel berkata:

    I have been browsing online more than 2 hours today, yet I never found any interesting article like yours. It is pretty worth enough for me. Personally, if all site owners and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more useful than ever before.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s