Level1.jpg

Kalian pernah dengar suatu alat sederhana bernama Waterpass yang berfungsi sebagai pengukur luas kemiringan.? Biasanya alat ini di pakai oleh tukang bangunan untuk mengukur kemiringan suatu lantai. So. . . agar lantainya lurus, harus menggunakan alat ini agar rata sesuai dengan hasil yang di inginkan.

Alat waterpass ini cara kerjanya sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan medium air yang ada di dalam sebuah tabung kaca berisi sedikit gelembung udara yang di letakkan dalam sebuah kayu biasanya. Untuk menggunakannya cukup dengan meletakkan alat ini sejajar dengan lantai.

Prinsip air yang selalu mengisi ruang yang di tempatinya akan menyebabkan gelembung udara ini berada di bagian atas. Untuk mengetahui apakah lantai yang di buat miring atau tidak maka tinggal di lihat aja, apakah gelembung udara tersebut berada di tengah atau berada di sebelah kanan atau kiri.

Jika gelembung tersebut tetap berada di tengah, maka lantai tersebut telah rata dan lurus. Jika gelembungnya berada di sebelah kiri atau kanan, itu menandakan jika lantainya masih miring dan tidak rata.

Begitu juga dengan aplikasi ini, pihak OffScreen sangat jeli memanfaatkan fungsi accelorometer yang di miliki ponsel-ponsel S60v5 milik Nokia. Dengan menggunakan accelorometer inilah mereka menciptakan aplikasi unik yang cara kerjanya sama dengan Waterpass tadi. Sebutan lebih kerennya mungkin Waterpass Digital. Sebab dengan Accelorometer nokia, aplikasi ini dapat mengukur kemiringan suatu luas menggunakan kemiringan accelorometer.

Level2.jpg

Tinggal aktifkan aja aplikasinya, maka lihatlah gambar (yang di umpamakan adalah gelembung udara pada waterpass) akan bergerak ke kanan ataupun ke kiri sesuai dengan kemiringan ponsel kita. Untuk mengetesnya kita bisa memiringkan posisi ponsel kita ke kiri atau ke kanan. Gelembung akan mengikuti kemana ponsel kita akan di miringkan. lain halnya jika ponselnya di letakan di suatu media yang lurus, maka gelembung pun akan berada tepat di tengah. Gimana.? Simpel bangetkan cara penggunaannya.?

Level3.jpg

Jika kalian adalah seorang tukang bangunan rasanya aplikasi ini sangat cocok buat kamu bro, hehehe. Segera unduh dan instal yaa di ponsel masing-masing. Sebagai catatan, semua aplikasi di blog ini udah melalui sensor dan udah di tes di ponsel Nokia 5530 milik saya.

File Info
Nama : Level
Size : 231 Kb
Format : .sis / Symbian
Platform : S60v5 Edition
Link : Klik disini

Posted by Wordmobi

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :)

One response »

  1. agung sebastian mengatakan:

    bro mna ni code nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s