WP1.jpg

Saat ini semua aktifitas sudah bisa dilakukan lewat ponsel. Kata-kata tadi memang sekarang udah terbukti. Tidak terkecuali segala sesuatu yang berhubungan dengan internet. Jika dulu bila ingin menggunakan internet harus PC atau harus menggunakan jasa warnet, maka sekarang semua udah bisa di lakukan via ponsel. Email, Browsing, Download, Upload, Nge-blog, Chatting, dan lain-lain tinggal pencat-pencet sambil menatap layar ponsel.

Jaman emang udah semakin canggih, tinggal duduk di rumah atau di mana aja udah bisa main-main di dunia maya. Jaringan para operator selular juga udah menjamur dimana-mana, bahkan mereka saling berebut untuk mendapatkan para pelanggan sebanyak-banyaknya. Walau tak jarang para operator selular tersebut saling perang tarif hingga sampai menjatuhkan satu sama lain.

Hiiiaaah. . . malah jadi ngelantur ngomongin masalah operator selular sih. Udah deh kita langsung ke topik aja. Masih berhubungan dengan dunia internet, kali ini Q pengen ngebahas sebuah aplikasi yang mungkin harus dan wajib di download oleh para blogger terutama para blogger dari wordpress. Lho kok wordpress.?? Iya bro wordpress.! Soalnya Nokia udah menciptakan sebuah aplikasi yang berguna untuk memposting artikel ataupun tulisan-tulisan lainnya ke dalam blog milik blogger tanpa harus repot klik kanan kiri di layar PC.

Gak salah banget dunk kalo gitu jika Q memilih wordpress sebagai tempat bernaungnya blog Q yang keren ini (xixixixi mulai deh kumat narsisnya). Karena setau Q banyak aplikasi-aplikasi ponsel yang di buat untuk mempermudah posting sesuatu di blog wordpress (padahal waktu Q mau membuat blog saat itu Q juga gak tau kalau ada aplikasinya juga buat ponsel). Setau Q aplikasi-aplikasi tersebuat adalah Mopress, Wordmobi, dan Nokia WordPress.

Dan kebetulan Q pake Wordmobi dan Nokia WordPress sebagai senjata andalan dalam mengolah blog Q ini. Bahkan jika kalian ingin tau, 97 % semua postingan artikel tentang aplikasi, tips and trik, game, dll ini Q posting hanya dengan bermodalkan ponsel 5530 XM Q aja bro.

Ngomongin tentang ketiga aplikasi buat blogging di atas atas, Q pengen ngebahas tentang WordPress for nokia. Yap, aplikasi ini sangat keren bro. Selain tampilannya yang rapi dan menarik, fitur-fiturnya juga sangat lengkap. Mulai dari posting artikel, melihat komentar dan membalasnya, membuat halaman baru, bahkan bisa melihat jumlah statistik pengunjung blog masing-masing.

Ngomongin melihat jumlah statistik blog, aplikasi ini jagonya sob. Tampilan statistiknya di tampilkan dalam bentuk tabel garis yang menunjukkan tinggi rendahnya blog perhari, perminggu, dan perbulan. Selain itu juga di tunjukkan asal pengunjungnya di dapat dari google, pengetikan alamat, atau pun dari blog lain yang memasang link kita.

Ok deh, yuk kita lihat satu-satu fitur di dalamnya. Pada halaman awal saat membuka aplikasinya maka akan tampil halaman seperti ini. Keren bangetkan tampilannya.?

WP2.jpg

Kita akan langsung di bawa ke bagian komentar. Aplikasi akan langsung terhubung ke jaringan untuk melakukan update blog.

Coment
Jika ingin membalas komentar yang masuk, kita klik aja pada salah satu komentar dan klik reply. Selain itu juga ada opsi View, Approve/Unapprove, Delete, and Spam yang masing2 pasti udah pada tau fungsi masing2.

WP3.jpg

Post
Pada fungsi Post, kita dapat membuat sebuah artikel yang nantinya akan di posting. Klik pada Write new post untuk mulai menulis. Selain itu pada bagian ini akan diperlihatkan 10 posting terakhir yang telah kita upload sebelumnya.

WP5.jpg

Apabila di klik pada salah satu post-nya maka akan muncul jendela baru dengan opsi Open, Edit dan Delete.

WP6.jpg

Pages
Kita bergeser kesamping bro, di samping kita akan menemui opsi Pages, dimana kita juga dapat menambah, mengedit, atau melihat masing2 pages atau halaman pada blog masing2.

WP7.jpg

Klik aja pada salah satu halamannya, akan ada jendela baru berisi Edit, dan Delete.

WP8.jpg

Selain beberapa opsi di atas, jika mau cepet bisa juga klik pada opsi OPTION yang fungsinya juga sama dengan opsi di atas. Disini akan ada opsi Blog, New Post, New Page, Statistik, Refresh, dan Exit

WP4.jpg

1. Blog
Disini kalian dapat membuka komentar, posting, atau mengedit halaman blog.

2. New Post
Kalian dapat membuat tulisan baru dengan menggunakan opsi ini. Tampilannya mudah di mengerti. Formatnya mungkin sama seperti WordMobi, namun lebih simpel.

3. New Page
Jika ingin membuat halaman baru, kalian bisa memilih opsi ini.

4. Statistic
Nah fitur yang ini yang paling Q suka dari aplikasi ini. Dengan kemampuan statistiknya, kita sebagai blogger dapat memantau trafik jumlah pengunjung yang bertamu di blog kita. Untuk lebih jelasnya nanti akan Q jelasin di bagian bawah.

5. Refresh
Jika ingin melihat pembaharuan di blog misalnya komentar kalian bisa merefreshnya dengan opsi ini.

6. Exit
Semua pasti udah tau, klik exit jika ingin keluar dari WordPress for Nokia ini.

Seperti yang udah Q jelasin di atas, kita akan membahas tentang opsi statistik pada WordPress ini. Fungsi statistik pada wordpress ini sangat lengkap, statistik dapat dilihat perhari, minggu, dan bulan. Namun untuk menggunakan fitur statistik ini di perlukan kode API KEY yang bisa di dapatkan pada profil blog masing-masing blogger.

Secara garis besar statistik ini di bagi menjadi tiga bagian. Yaitu visit, refferers, dan searches.

1. Visit
Di bagian visit ini dapat di bagi lagi menjadi :
Statistik visit perhari :
WP9.jpg

Statistik visit perminggu :
WP12.jpg

Statistik visit perbulan :
WP13.jpg

2. Referrers
WP10.jpg
Di bagian referrers ini menerangkan dari mana para pengunjung blog bisa sampai mampir ke dalam blog. Bisa dari link yang kita pasang di blog teman, atau dari sumber yang lain.

3. Searches
WP11.jpg
Nah melalui fitur ini kita dapat mengetahui kata kunci apa saja yang biasa di gunakan pengunjung untuk menemukan blog kita melalui google search. So pintar-pintarlah bagi kita untuk memilih tag yang tepat agar bisa terdeteksi oleh google search.

Key sobat blogger, udah lumayan banyak juga nich postingannya. Cape juga ngejelasin, saatnya bagi sobat blogger nyobain sendiri. Check this out.

Note :
Untuk bisa menjalankan aplikasi ini di perlukan program QT Installer. Tenang bro, dalam file Zip yang akan di download nantinya udah Q sertain koq QT Instalernya.

1. Install QT Installer-nya
2. Instal WordPress for Nokia, lalu jalankan aplikasinya.

Bagi agan yang menggunakan ponsel dan menggunakan opmin sebagai browsernya, jika mendownload via 4shared and gak mau nongol linknya, pake aja trik jitu dengan membaca artikelnya disini.

File Info
Nama : WordPress for Nokia
Size : 13.28 Mb (+ QT Installer)
Format : .sis / Symbian
Platform : S60v3 & S60v5 Edition
Link :
Download via 4Shared : Klik Disini

Posted by Wordmobi

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :)

6 responses »

  1. Dyka mengatakan:

    Hiks. . . Artikelx tnyata kpotong pada slh 1 paragrafx. Jadix ada bgian yg ilang. Bagi yg mau download silahkan download. Ntr q edit lg artikelx biar jelas n lengkap.

  2. AnggA mengatakan:

    tak coba dulu brow.. Kepengen neh udah ngiler

  3. Dyka mengatakan:

    Angga + yudi :
    Di coba aja dulu bro. . . Q lum pernah nyoba instal d sv3

  4. Ade Truna mengatakan:

    ngga sabar gue *WP di 5530 XM, punyaku.

  5. dykas60v5 mengatakan:

    All :
    Udah beres artikelnya di edit, selamat menikmatiiiiiiii. . . . .

    Mas Ade :
    Segera sedooooooooooootttttttttt brooooooooooooo. . . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s