Java1.jpg

Di suatu pagi yang cerah, terdengar suara pak Broto yang mengelegar memecah kesunyian pagi itu. Apakah gerangan yang menyebabkan pak Broto uring-uringan pagi itu.?? Tak lain dan tak bukan karena aplikasi Operamini miliknya tak sengaja terhapus oleh anaknya.

Waduh waduh. . . Masak gara-gara Operamini-nya terhapus hingga bisa membuat pak Broto marah besar. Oh. . . Rupanya pak Broto lagi getol-getolnya keranjingan main Facebook. Maklum aja masih newbie dalam hal per-Facebook-an dan baru mengerti sedikit-sedikit tentang Facebook.

Dan gara-gara Facebook itulah pak Broto selalu mengandalkan browser Operamini yang telah terinstal di ponsel symbian second miliknya yang baru di beli beberapa bulan yang lalu. Nah sekarang gimana dunk jika Operamini-nya kini telah terhapus, secara otomatis pak Broto gak bisa main FB lagi dunk. Mau pake browser bawaan ponsel sepertinya agak ribet and lemot pikir pak Broto.

Dan malamnya pun pak Broto bermimpi di dalam tidurnya ia mendengar bisikan gaib. Bisikan itu mengatakan, jika pak Broto ingin Operamini-nya kembali maka pak Broto harus mengunjungi suatu blog di internet yang beralamatkan https://dykas60v5.wordpress.com

Pak Broto terbangun dan terkejut, masih terngiang-ngiang di telinganya bisikan gaib dalam mimpinya tersebut. Dan pak Broto pun keesokan paginya bertekad menuruti suara gaib tersebut. Pak Broto pun mampir ke warnet dan membuka blog seperti yang di dengarnya semalam. Setelah berpindah dari satu artikel ke artikel yang lain, akhirnya pak Broto menemukan artikel yang berhubungan dengan masalahnya.

Di katakan dalam artikel tersebut bahwa suatu aplikasi java yang telah terhapus (file installer-nya pun gak ada) dapat di restore kembali.

Adapun cara-nya adalah :
1. Dengan menggunakan aplikasi Xplore bukalah Direktori E atau C (tergantung tempat penyimpanan saat pemasangan aplikasi java yang terhapus) > PRIVATE > 3355E6 > MIDlets.

Java2.jpg

Java3.jpg

Java4.jpg

Java5.jpg

2. Saat folder MIDlets di buka maka akan tampil folder-folder dengan berbagai macam nama. Buka satu-satu hingga menemukan nama aplikasi yang di maksud. Sebagai contoh Q akan membuka folder [10102e39]
Maka akan tampil nama aplikasi Operamini. Tinggal buka filenya menggunakan system, maka file java tersebut akan terinstal.

Java6.jpg

Java7.jpg

3. Selain itu trik ini dapat di pakai untuk menemukan file aplikasi java (.jar) yang tersembunyi saat kita menginstal file .jad. Coz pada saat kita meng-eksekusi file jad, maka ponsel secara otomatis akan terhubung ke jaringan untuk mendownload file .jar tersebut dan lalu menginstalnya secara otomatis tanpa pemberitahuan di mana file .jar tersebut di simpan. Hal ini akan menjadi masalah jika di kemudian hari aplikasi tersebut terhapus atau saat teman meminta file instaler tersebut untuk di kirim ke ponselnya.

Sekedar info, penulis pun pernah kehilangan aplikasi java Yahoo Koprol yang dahulunya di instal melalui file .jad. Maka dengan trik ini penulis berhasil menemukan kembali file installer .jar nya untuk di simpan sebagai backup di kemudian hari.

Pak Broto pun segera mempraktekkan apa yang tertulis di artikel tersebut. Setelah beberapa lama mencari dan membongkar folder-folder di ponselnya, pak Broto pun akhirnya menemukan file instaler operamini miliknya. Tanpa pikir panjang ia segera menginstal aplikasi tersebut. Dan pada akhirnya pak Broto dapat tersenyum kembali, menekuni kegemarannya bermain Facebook.

Posted by Wordmobi

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :)

19 responses »

  1. Runa Van Error mengatakan:

    Xixi cerpennya aneh2 aja😀

  2. syechan baraqbah mengatakan:

    bentar-bentar,,, pak Broto tu siapa?

  3. Dyka mengatakan:

    Runa :
    Hi3 iya run

    Ean :
    Nama karakter dlm imajinasi bro wkt lht sbuah FTV

    All :
    Sgra k TKP bro

  4. Danu mengatakan:

    Brart pak broto hpnya dah dhack dong!

  5. adit38 mengatakan:

    pak broto itu sapa dyka

  6. Dyka mengatakan:

    Danu :
    Xixixi smpe lp blg, hpx p.broto kn hp second. Kbtlan pmilik sblumx udh nge-hack ponselx.

    Mas adit :
    P. Broto cm karakter imajinasi aja mas adit. He3 udh lama ru nongol mas.

  7. Danu mengatakan:

    Ahayy.mana kbtulan jg hacknya permanent.lgsg pake jaf.yuuk

  8. Dyka mengatakan:

    Danu :
    Yuuuk. . .

  9. dharma sehat mengatakan:

    mantap artikelnya…

  10. Luthvi mengatakan:

    Aduh, wikipedia, google, + dictionary di hp’q kehapus nih, gmna cra ngembaliin tnpa nulis alamat’a?

  11. a'am mengatakan:

    ko d’drive C-private-12033e6-kososong ga ad folder lagi knp ya?

  12. Fary mengatakan:

    Hack hp nokia E63 gimna ya? Susah buat download yg pakai download exe knpa ya? Tolong dong gimna caranya?

  13. Frija juliadi mengatakan:

    Mantap ane coba dulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s