http://www.mobilemarketingwatch.com/wordpress/wp-content/uploads/2010/10/With-Co

Hello bro, gimana kabar.? Tadi sempet baca majalah ponsel edisi lama banget (2005). Baca-baca artikel tentang ponsel-ponsel jaman dahulu. Hehehe. . . Akhirnya pengen posting sesuatu nih tentang fitur-fitur ponsel dari-dulu ampe sekarang.

Kalau di ingat-ingat lagi sejak pertama kali punya ponsel apa yah kira-kira fitur pertama kali yang jadi andalan ponsel saat itu selain sms dan telepon.? Berikut fitur-fitur ponsel dari jaman dahulu sampai sekarang menurut pendapat Q sendiri lho.

EDIT GAMBAR + COMPOSSER

Awal-awal punya ponsel monochrome dulu apa yah kira-kira yang bisa di otak-atik.?? Ahaaa. . . Dulu Q paling suka tuh edit gambar monochrome dan buat lagu monophonik pake fitur EDIT GAMBAR dan fitur COMPOSER. Hahaha. . . Jadi inget suka pinjem majalah yang ada bonus composer ringtonenya untuk di bikin di HP. Hehehe (3315, 3350, etc)

KAMERA CIF, Video, Java, GPRS, Polyphonik, Radio, MMS

Nah di era ini mulai bermunculan tuh HP HP mungil ber-OS java yang di lengkapi dengan layar warna dan tentunya fitur kamera.! Wah punya HP dengan layar berwarna plus fitur kamera di dalamnya udah paling keren banget saat itu meski masih berkualitas CIF. Hasil foto masih burem n ada titik hijau-hijaunya saat di ruangan kurang cahaya, satu paket dengan kamera juga di sertakan juga fitur pengambilan video dengan kekuatan 15 fps, sektor nada dering pun udah berganti dari monophonik menjadi polyphonik. Radio pun udah mulai di tanamkan di ponsel dengan mencolokkan headset sebagai antena radionya. Pada bagian koneksi udah mulai terdapat peningkatan. Di tandai dengan tambahan infrared untuk mengirim gambar, ringtone, catatan kalender, kontak dll. Fungsi GPRS sudah mulai di gunakan, namun penggunaannya belum maksimal di gunakan untuk browsing. GPRS hanya di gunakan untuk saling berkirim MMS dengan biaya yang mahal.!! Dengan dukungan OS java pada saat itu dapat di gunakan untuk penginstalan game maupun app java dengan ukuran yang ringan-ringan aja bro (3200, 6120, 6100, 6630)

Kamera VGA, Bluetooth, Symbian, MP3, MMC

Nah di era ini awal kemunculan symbian versi satu (kalo gak salah). Bentuk ponsel makin gede-gede bentuknya. Kamera CIF udah bukan sesuatu yang wah lagi. Kamera VGA udah mulai mendominasi ponsel-ponsel terbaru saat itu. Kualitas gambar masih agak buram namun udah lebih baik ketimbang CIF. Selain kamera VGA juga di barengi dengan fitur bluetooth. Di saat itu juga mulai bermunculan game-game multiplayer yang menggunakan bluetooth sebagai koneksinya. Berkirim file dalam jumlah besar udah bukan masalah lagi seperti pada infrared. Satu lagi, di sektor suara nada dering polyphonik udah ketinggalan jaman. Kini MP3 udah bisa di mainkan lewat ponsel dan format nada dering udah berubah format dari midi menjadi wav/suara digital. Seiring dengan ukuran file yang di terima makin besar maka media penyimpanan pun mulai menggunakan MMC 64 Mb (standart) hingga yang paling besar 512 Mb saat itu. Masih nempel dalam ingatan beli MMC 512 Mb HP N-Gage QD Q langsung lemot begitu tak isi dengan game-game seru. Hehehe (6600 v1, NGage, QD, 3650, 3660)

Kamera 1.3 MP, S60v2, e-Mail, Xpress Musik

Teknologi ponsel makin maju, fitur-fitur ponsel masih tetap namun lebih disempurnakan. Misalnya saja pixel kamera di tingkatkan dari VGA menjadi 1.3 MP, saat itu S60v1 di tingkatkan menjadi S60v2 yang ditandai dengan penambahan fitur tema untuk mempercantik tampilan UI / layar ponsel. Untuk fitur musik udah mulai nongol ponsel dengan embel-embel XM (Xpress Music) yang gak tau bedanya apa dengan ponsel-ponsel biasa (coz kualitas suara MP3-nya sama aja dengan / tanpa headset). Ponsel Nokia XM ini tampil khas dengan model cashing berbalut warna hitam strip merah (bahkan sampai sekarang). Fitur email juga udah ada di generasi ini (walau di generasi sebelumnya juga udah ada, tapi belum maksimal).

S60v3, Kamera 2 – 5 MP, Browsing, Video Streaming, CDMA, Chatting, Qwerty, Office, etc

Di saat itu (bahkan s/d sekarang) fitur HP mulai lengkap. S60v3 makin berjaya dengan dukungan kamera antara 2 MP, 3.2 MP dan 5 MP. Bentuk ponsel makin beragam, slide, clamshell, swivel, Candybarr, Square, dll. Browsing makin jadi suatu gaya hidup anak-anak ONLINE, chatting dari sabang-merauke bukan suatu hal yang aneh, kegiatan yang dulu hanya dapat dilakukan di PC kini udah dapat di lakukan via HP aja. Bahkan ponsel-ponsel Qwerty udah disematkan fitur office untuk mengetik dokumen word, excell, dan power point. Video streming pun udah dapat di nikmati dengan kecepatan jaringan 3G. Ponsel-ponsel dengan fitur video call udah jadi prestise sendiri bagi yang memilikinya. Di saat yang sama mulai masuk tuh operator baru semacam Esia dengan dukungan jaringan CDMA-nya dan di ikuti dengan munculnya HP CDMA yang di jual secara bundling dengan operator masing-masing. Sebagai tambahan kalau gak salah ini merupakan awal kemunculan BB n iPhone. Bisa di bilang era ini yang paling pesat kemajuannya.

S60v5, S60^3, S60^5, Kamera 8 – 12 MP, Accelorometer, Touchscreen, Android, Ponsel China, MMC GB, Wifi

Di era ini (sekarang) teknologi ponsel makin canggih aja. Semua udah dapat di lakukan dengan ponsel (termasuk aq yang mengurus blog ini dengan berbekal ponsel aja). Nokia meluncurkan OS terbarunya S60v5 yang di lanjutkan dengan S60^3 dan S60^5. Gempuran ponsel china makin melimpah dengan vitur andalan dual SIM Card, Chatting, Chat Video Call, dan TV Phone. BlackBerry nongol dengan fitur BBM-nya (BlackBerry Messenger). i-Mac gak mau kalah dengan i-Phone dan i-Pad beroperasi system i-OS nya, serta gadget terbaru dengan OS Android makin memperberat persaingan ponsel. Di kabarkan Nokia cukup pusing juga menghadapi gempuran vendor-vendor ponsel tersebut dan menerapkan strategi baru untuk menandinginya. Sebut aja kamera udah ampe 8 – 12 MP (kamera digital aja cuma dikit yang ampe segitu). MMC juga udah gak pake hitungan Mb, tapi udah pake hitungan GB.!! Koneksi jaringan udah HSDPA dan koneksi i-net lewat wifi. Belanja aja juga bisa lewat ponsel dengan sistem e-cash.

Makin gila aja nih fitur-fitur ponsel sekarang. Mungkin orang dahulu gak bisa ngebayangin kali yah posel sekarang fiturnya bisa buat apa aja. Semua kini udah ada dalam genggaman sebuah ponsel aja. Tinggal bagaimana SDM orang yang memakainya aja. Percuma banget orang kaya punya ponsel yang paling canggih tapi cuma bisa pake SMS n telepon (mending beli HP monochrome). Semestinya orang yang pintar adalah orang yang tau ponsel apa sesuai dengan kebutuhannya. Sayang banget punya ponsel dengan fitur seabrek tapi malah mubazir karena gak tau cara memakainya (seperti ibu Q, punya HP E63 tapi cuma buat SMS + Telepon, alhasil HP-nya sering Q pake buat OL. Wkwkwkwkwk). Sebaliknya akan lebih baik jika punya HP biasa tapi kita tau gimana cara memaksimalkannya.

Wasalam. . .
NB :
Mohon maaf kalo postingannya mungkin infonya masih salah coz ini menurut pengamatan Q sendiri.

Posted by Wordmobi

Iklan

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :)

12 responses »

  1. R!4N berkata:

    emg skrg teknologi hp makin canggih aja y bro,,,,
    mungkin 4/5 thn lagi hp akan lbh cNggih lagi,, msl bisa untuk buat es batu. nyimpan duit dll,,, wkwkwk

  2. dykas60v5 berkata:

    Bnr bro, cpa tw hp masa dpn bs bt masak nasi, strika baju, ngulek sambel, ngepel, makan, nyuci piring dll. Wkwkwk

  3. waheu berkata:

    Setuju bro..palagi cewe…
    Bnyakan cm mw gaya duand…ga tau dr manpaat hp trsbt…
    Fitur yg ada pun seolah percuma…

  4. Runa Van Error berkata:

    dulu smsan mahal 350 1x sms
    hahaha

  5. hohohoho,
    Ho oh, dulu wktu punya nokia 3220 sempet bisa pamer2 krna bsa ganti logo operator yg di beli 1rb rupiah dari sbuah iklan di majalah,
    Hahahahah

  6. 1noel berkata:

    malah denger2 ada hp flexibel…

  7. Review berkata:

    um, more and more developing …

  8. taufik berkata:

    inpow mantep..
    Gue suka banget ne

  9. Markus berkata:

    bro saya ada masalah ne dengan handphone android saya ,
    saya download game pocket legends dari android market
    setelah selesai di download saya mainkan kok gambarnya putih”/buram
    ga seperti di handphone teman-teman saya … ? Mohon jawabannya…
    🙂

  10. Alita berkata:

    sama nih sama penulis, dulu aku suka beli majalah yang ada lagu2nya biar dijadiin ringtone :”) kangeeeeeen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s