https://i2.wp.com/mrpiratz.com/wp-content/uploads/2010/05/blogger-o-wordpress.png

Assalamu’alaikum. . .
Helo bro. . . Gak terasa udah hari jum’at nih. Ntar jangan lupa sholat jum’at yah. Oh iya tadi pagi Q blog walking di MWB, ada satu artikel bagus yang Q pikir cukup keren untuk Q share buat kalian khususnya buat para blogger . Setelah sebelumnya ijin ama yang punya, nih tulisannya aq copy buat kalian (tulisannya masih original, hanya sedikit di edit pada bagian yang perlu di edit).

Sebenarnya saya jarang sekali membuat artikel tentang dunia bloging karena memang kurang sesuai dengan tema yang saya usung di blog ini tetapi tidak ada salahnya juga jika sekali-kali saya berbagi tentang apa yang saya temukan selama berselancar di banyak blog. Dari mulai yang standart sampai yang aneh, dari yang bikin ketawa sampai yang bikin jengkel.

Diantara semua itu terdapat juga beberapa hal yang menurut saya adalah sesuatu yang sepertinya kurang pantas dilakukan seorang bloger. Hal-hal tersebut memang lebih sering saya temukan pada blog mobile yang hanya dikelola dengan ponsel walaupun pernah juga saya menemukannya di blog-blog yang bernaung di wordpress ataupun blogspot. Berikut 7 kesalahan yang sering dilakukan bloger mobile :

1. Copy paste
Istilah copy paste adalah istilah yang sangat umum kamu temukan jika kamu menjadi seorang bloger. Sebenarnya cara-cara mendapatkan konten seperti ini tidak sepenuhnya salah asalkan mengikuti aturan dan etikanya. Tetapi yang saya maksud disini tentu saja copy paste yang menyalahi aturan, contohnya mengcopy artikel tanpa mencantumkan sumber. Dan bahkan lebih parahnya lagi ada juga yang mengedit artikel hasil copy paste tersebut dan dibuat seolah-olah artikel tersebut adalah buatannya sendiri. Ck… Ck… Ck… seperti kata Bung Roma “SUNGGUH TERLALU”.😀

Mungkin jalan tersebut dipilih sang bloger biar bisa punya blog bagus tanpa perlu usaha keras, padahal tingkah seperti ini bukanlah cara yang bagus meningkatkan SEO.

Jangan berharap dapat page rangking jika blogmu hanya berisi artikel copy paste. Tidak hanya itu blog-blog copy paste juga biasanya sepi komentar karena para bloger copy paste umumya jarang bersosialisasi dengan bloger lain.

Meskipun ada beberapa bloger senior yang mengatakan bahwa blog hasil copy paste juga bisa mendapat posisi yang bagus di mesin pencari, tetap saja artikel copy paste tidak akan mengungguli artikel orisinil. Salah-salah blog copy paste tersebut malah akan menjadi sampah di mata mesin pencari.

2. Mengomentari Artikel Sendiri
Sebelumya perlu saya luruskan bahwa yang saya maksud disini adalah bloger yang berkomentar untuk artikel yang dibuatnya sendiri dan bukan menjawab komentar dari komentator.

Biasanya tingkah seperti ini dilakukan para bloger yang blognya sepi komentar. Sang bloger membuat komentar untuk artikel yang dibuatnya sendiri dan dibuat seolah-olah komentar tersebut berasal dari pengunjung. Mungkin sang bloger terobsesi agar dibilang hebat karena komentar yang dibuatnya sendiri selalu berisi komentar yang baik dan memuji-muji.

Lucunya, saya juga pernah menemukan beberapa blog yang “berlapak” di mywapblog juga melakukan hal ini. Padahal akan dengan mudah ketahuan ketika nama komentator yang mengandung link dan di klik kemudian menuju blog yang sama bisa dipastikan pembuat komentar tersebut adalah pemilik blog, meskipun namanya disamarkan dan diganti dengan nama lain.

3. Menggunakan Visitor Counter Milik Orang Lain
Tindakan ini biasanya dilakukan bloger yang sangat terobsesi dengan page rangking dan banyaknya pengunjung hingga sebagai jalan pintas sang bloger “mencaplok” visitor counter milik blog lain yang sudah memiliki banyak penggunjung. Padahal jika dipikir baik-baik tingkah seperti ini selain menipu pengunjung juga sebenarnya menipu sang bloger sendiri karena kita jadi tidak tahu pasti berapa pengunjung blog kita.

4. Menulis Blog Seperti Menulis SMS
Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya bisa disebut kesalahan karena ini tergantung dari selera si penulis. Hanya saja seringkali yang saya alami ketika menemukan blog seperti ini saya bukan disibukan dengan memahami isi artikel, tapi malah dipusingkan dengan tulisan aneh (biasanya disebut tulisan alay) atau pun singkatan-singkatan yang umum terdapat pada pesan sms dan hanya dimengerti oleh segelintir orang. Selain itu tulisan blog jadi tampak tidak rapih dan membingungkan. Alhasil bukannya ilmu yang dibawa pulang tetapi mata malah yang berkunang-kunang.

5. Artikel Blog Hanya Berisi Kata Kunci
Sering sekali saya menemukan blog yang kita buka isinya hanya berupa kata kunci yang membuat artikel blog menjadi tidak karuan. Kebanyakan kata kunci tersebut biasanya seputar sex dan sejenisnya yang biasa dicari pengguna mesin pencari.

6. Artikel Blog Hanya Berupa Kalimat Pendek Diikuti Link
Pernahkah ketika kamu berkunjung ke sebuah blog dan hanya mendapati artikel yang hanya satu kalimat di ikuti link unduhan, biasanya seperti “nih aku punya game bagus silakan di download” atau “nih, ada lagu mp3 keren”

Entah menurut pendapat sobat pembaca tetapi menurut saya sebuah blog baru bisa disebut blog jika memiliki artikel didalamnya. Sepertinya sang bloger belum terbiasa menulis hingga masih bingung untuk membuat artikel.
Mungkin akan lebih menarik jika sang bloger membuat wapsite, karena sebuah wapsite tidak memerlukan artikel atau tulisan yang terlalu panjang.

Setidaknya jika kamu ingin membagikan game atau aplikasi pada pembaca berikanlah gambaran singkat tentang apa yang hendak kamu bagikan atau setidaknya berikanlah pendapatmu terhadap game atau aplikasi tersebut minimal 1 paragraf agar blogmu tidak menjadi membosankan.

7. Mengaku-ngaku Hacker
Inilah salah satu tipe bloger yang kadang- kadang membuat saya senyum sendiri, kenapa begitu? Cobalah kita liat para hacker-hacker hebat. Mereka nyaris tidak pernah menyebut dirinya hacker ataupun berkoar-koar tentang kemampuan hackernya.

Mereka lebih membuktikan kemampuannya dengan fakta, bukan hanya jajaran teori yang dipajang disebuah blog. Mungkin, sang bloger ingin mendapat popularitas cepat agar dipandang hebat oleh visitornya padahal sebenarnya pengunjung blog selalu punya pendapat sendiri tentang blog yang dikunjunginya. Bahkan saya yakin bloger yang menyebut dirinya hacker tidak tahu pasti apa itu hacker sebenarnya. Salah-salah si bloger malah menjadi bahan tertawaan pengunjungnya sendiri.

Pemaparan diatas tidak saya maksudkan untuk menyudutkan atau memperolok siapapun tetapi hanya berupa opini pribadi agar bisa menjadi cerminan kita untuk bisa menjadi lebih baik karena sebagian dari kesalahan diatas dibuat untuk membohogi para pengunjung blog. Padahal semua kesalahan diatas sebenarnya bisa dibongkar dengan mudah bahkan oleh pengunjung blog yang awam sekalipun. Karenanya jangan pernah menyepelekan pengunjung blogmu jika kamu memang bloger, tanpa pengunjung blog bukanlah apa-apa.

Sumber : http:// rao.pun.bz

So gimana para blogger.? Apa kalian juga pernah melakukan seperti contoh di atas.? Jujur aja Q pernah melakukan hal copy paste seperti pada poin pertama di atas, tapi dengan catatan Q juga cantumin sumbernya lho. KALAUPUN lupa dari mana artikel tersebut diambil pasti Q tulis juga bahwa ini merupakan artikel yang Q copy dari blog lain.

Posted by :

Posted by Wordmobi

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :)

42 responses »

  1. elfaroqy mengatakan:

    Ane juga pernah masbro,tapi ane juga nyantumin tu sumber sebagai rujukan

  2. Wahyu Rofik mengatakan:

    mantab, mantab infonya, memang bnar smuanya…! Salut bagi yg buat artikek diatas.

  3. dwisty mengatakan:

    Klo yg baru2 bikin blog itu msh maklum lah lum tau aturan2nya yg pntg cpt jd/update.klo yg dh tau Sungguh keterlaluan..
    Info yang bagus bgt ne brai…

  4. angga SDP mengatakan:

    klo copy paste asalkan d tulis sumbernya it ga masalah. W juga sering kok….

  5. Sumber mengatakan:

    Situ bikin sndiri game dam aplikasi nya?

  6. Sumber mengatakan:

    Emang Situ bikin sndiri game dan aplikasi nya?

    • dykas60v5 mengatakan:

      hah.?? aplikasi atau artikelx sob.?? aq mah gk bs bt aplikasi sndiri.! klo artikelx boleh, hmpir smua isi dri blog ini aq buat sndiri bro. yg copas jg ada, tpi ada linkx kq

  7. Akbar mengatakan:

    iya juga sih bro….!! Saya juga pernah ..tapi sumber di tulis juga kok…

    Tapi gak pernah sih copas di blog teman…biasanya cuma di okezone atau yg lain……

  8. srulz mengatakan:

    iya, jadi takut copas…😦

  9. tembesi mengatakan:

    bagus postingannya mas, bermanfaat.
    terimakasih ya, jadi menambah masukan2 tentang belajar ngeboging.

  10. tAufiK mengatakan:

    saya kadang klo lg blank jg copy paste dr situs berita.😄

  11. yu50f mengatakan:

    Bagus nih, bisa dijadikan rumus bloging….

  12. #99 bro mengatakan:

    O.. Copas ya…?

    Banya di temui .. Kalo gambar aku sering buat pendukung.. termasuk copas gak ya..?

  13. yuddie mengatakan:

    hacker sungguhan malah kayaknya ga ada yang ngeblog lho …, kecuali dia sudah tobat.

  14. Assalamualaikum yaa akhi.Om,kan di bawah judul da beranda/home,about me,kontak kami.klw pnya sya cma beranda dan about,gimana sich cara merubahnya?(wordpress).tolong kirim k email sya
    muhammadalfi99@gmail.com.

  15. zjibrl mengatakan:

    hehehe…tau aja…!
    mas bro nitip ych…http://zjibrl21.mywapblog.com
    nitip kritiknnya jg ych…

  16. diedie mengatakan:

    emmm…terjwab sudah…., msalah2 slama ini….,:) ane pasti ngikutin aturan dari skrg….tikiyu boss

  17. fariable mengatakan:

    kalo saya malah sering kena hal beginian.. orang lain mengcopas artikel saya.. biasanya saya beri peringatan untuk menghapus artikelnya. Jika tak segera dihapus,langsung saya laporkan ke pihak Google (karena mereka pengguna blogger). Artikel langsung dihapus pihak blogger dan yg terparah adalah blog mereka dihapus sepenuhnya..
    Dan kasus terbaru ini artikel saya dicopas orang dari mywapblog..saya laporkan ke Google dan hanya bisa dihapus dari mesin pencari saja.. (ternyata ini kesalahanku juga karena membiarkan orang lain dan mengcopy dalam versi mobile, akhirnya versi mobile tersebut saya tiadakan lagi. Takut kena copas lagi)..

    • dykas60v5 mengatakan:

      Wow, parah juga bro kalo artikel sering di copas. Btw blh tau carax gmna mlaporkan web ke google bila artikel kita di copas tnpa izin.?

      Pesan balasan ini di kirim via nokia EG3 gue

  18. jerry edward mengatakan:

    7 kesalahan blogger…

    Wah,
    thanks infonya. Masalahnya aku baru belajar 1 bulan terakhir. Semoga aku tidak melakukan kesalahan-kesalahan itu.

    Kunjungi juga blog, ku di http://jerry.mywapblog.com

    thanks

  19. asalasalan mengatakan:

    ok lah bro copas gk kreatif, n membuat pembuat agak sensi

    tapi kan ilmu itu selalu berputar dan berkembang.
    dan ilmu berkembang karena ilmu itu berputar, berputar dari satu tempat ke tempat lainnya, dari satu orang ke orang lainya
    maka anda sendiri memangnya mendapatkan ilmu hasil dari pemikiran sendiri semuanya?
    pasti nggak bisa lah.
    pasti anda juga dapat dari lihat, dengar, dan baca dari sumber selain pikiran anda kan?
    maka jangan salahkan kami yang suka copas.

    copas untuk menjadikan ilmu itu berkembang

    • Dyka mengatakan:

      Emng bnr ilmu itu kn sllu brputar n brkembang, tpi dngan alasan apapun yg namax copas tnpa mncntumkan sumber itu gk bsa di benarkan. itu artix dia gak mau mikir dan gak kreatif. Hargai orng yg dngn susah payah mnulis artikel itu dngn mncantumkan sumberx.

  20. FORINDONESIANA mengatakan:

    nice article, saya sangat setuju apabila ada blogger yg memuat postingannya tanpa mencatumkan sumbernya…
    memang terlihat sedikit lebih egois, tapi karena blogger sendiri itulah yg membuat perkembangan dunia maya Indonesia cukup dimintai dan memberi warna tersendiri..
    lihat sobat kita http://terselubung.blogspot.com/ mampu memberikan nuansa yg berbeda..
    anda (admin blog ini, maaf maaf maaf)juga bisa dikatakan melakukan copas, hanya saja memuat kata2 sendiri saat postingan, tapi aplikasi,theme,dan software yg lain, apa anda yg membuat?? tidak kn?
    pasi dari para developers..

    • Dyka mengatakan:

      hoho… Klo cntumin sumber mah itu udh wajib bro. Klo soal aplikasi, tema, game dll q pikir gak copas bro, mungkin lbih tepatnya mereview ulang (dgn bhsa sndiri). lagi pula kebanyakan app dan game serta tema yg d share juga di berikan scara gratis oleh developerx. Klo mw bikin app sndiri (biar d blng gak copas) ilmux msh cetek bro🙂

  21. nnerrazurry mengatakan:

    info yang bermamfaat..

Tinggalkan Balasan

