W.jpg
Welcome to WeChat.!!!

Assalamu’alaikum. . .
Hallo masbro. . . Hoeeem. . . Gue lagi pusing mikirin sepupu-sepupu gue yang kampretnya minta ampun. Dia cowok, usianya 9 tahun (kelas 3 SD) dan berpostur gajah kelebihan berat badan. Meski badannya gede tapi sifatnya gak segede badannya. Manjanya minta ampun dan cengeng. Satu lagi yang lupa gue bilang, dia suka joget-joget Cherrybelle.!!!

Dari pada pusing mikirin sepupu ane yang doyan nangis mending ane mau share aplikasi chat ajib nih buat kalian. Sepertinya gue rada telat posting aplikasi ini. Temen-temen blog lain udah pada mempopulerkan aplikasi ini, sedang gue baru sekarang. Hufffftt. . .

Katanya sih aplikasi chatting ini bisa di bilang lebih hidup ketimbang BBM. Bahkan temen gue bro fauzan berani nulis di blog-nya dan ngambil kesimpulan jika aplikasi chat BBM di Blackberry kalah jauh dengan aplikasi ini. Gue sih juga gak tau beneran apa enggak secara gue belum pernah pegang BB dan nyobain aplikasi BBM-nya. Tapi adik gue yang dulu sempet pegang BB selama beberapa tahun dan kini beralih ke Android bilang aplikasi ini bener-bener ajib dan lebih bagus dari BBM.!!!

Sebenarnya apa sih yang bikin ajib.??? Kalo menurut gue mah emotion-nya banyak dan lucu-lucu, emotion-nya bisa mendukung animasi, terdapat fitur Voice Chat dimana kita bisa merekam suara kita maksimal 1 menit agar temen-temen kita bisa dengerin suara kita. Jadi mirip Walky Talky yang biasa di pakai polisi or tentara. Ini bener-bener asyik.!!! Chat dengan cara baru kalau gue bilang sob.

Oke dari pada penasaran kita lihat dulu tutorial-nya. Let’s check it now :

1. Pendaftaran

Saat mulai mendaftar kalian akan di suguhi tampilan seperti ini.

W1.jpg
Pilih “Create New ID”

Pilih aja “Create New ID” dan masukkan nomor ponsel kalian.

W2.jpg
Masukkan no. Ponsel

Tunggu beberapa saat dan kalian akan menerima SMS dari WeChat berisi 4 digit kode verifikasi. Masukan 4 digit kode tersebut dan daftar dengan nama pengguna plus password login kalian.

W3.jpg
Masukan 4 Digit Kode Verifikasi

Jangan lupa isi kan data diri seperti gender, provinsi, dan pic profil kalian.

2. Cari Teman

Karena masih baru kalian pasti belum punya temen. Di WeChat kalian bisa cari temen yang posisinya terdekat dengan kamu yang sama-sama menggunakan aplikasi WeChat. Klik aja menu Social > Look Around .

W4.jpg
Fitur Look Around

WeChat akan menampilkan daftar temen-temen terdekat. Klik di foto mereka untuk di tambahkan sebagai temen kamu. Sebelum di add ada opsi kirim pesan untuk teman baru kalian (bisa di skip).

Atau bisa juga nambahin teman dengan cara manual. Caranya klik menu Social > Add Contact > lalu masukkan ID WeChat teman kalian. ID WeChat bisa berupa Nick Name ataupun sederet digit angka. Biasanya sih banyak juga pengguna WeChat yang nge-share ID Chat-nya di Group http://facebook.com/wechatid di Facebook. Kalian bisa berburu ID Chat mereka disana.

3. Chat Rame-Rame (Group)

Selain private chat (chat one by one), kalian bisa nge-chat ramai-ramai dengan teman-teman di group. Satu group maksimal 40 orang teman.

W5.jpg W6.jpg

Kamu pun bisa buat group chat-mu sendiri dan meng-invite (undang) teman-temanmu untuk ngerumpi di group buatanmu. Gimana caranya.? Klik menu Contacts > New Group (di bagian sudut kanan atas) > Tandai temen-Temen yang ada dalam kontak-mu > Done . WeChat akan mengirim undangan group ke teman-teman yang udah di pilih.

W7.jpg
Pilih “Contacts”

https://i0.wp.com/mob590.photobucket.com/albums/ss343/uh4ckblog/th_forward_arrow.png

W8.jpg
Tandai Temen

https://i0.wp.com/mob590.photobucket.com/albums/ss343/uh4ckblog/th_forward_arrow.png

W9.jpg
Done

Kamu dan temen-temenmu pun bisa ngerubah nama group sesuka kalian. Klik Contacts > Group Chat (yang ada di kontak) > Option > Group Info > Group Chat Name lalu ubah nama group-nya.

W10.jpg
Pilih “Group Info”

https://i0.wp.com/mob590.photobucket.com/albums/ss343/uh4ckblog/th_forward_arrow.png

W11.jpg
Pilih “Group Chat Name”

https://i0.wp.com/mob590.photobucket.com/albums/ss343/uh4ckblog/th_forward_arrow.png

W12.jpg
Beri Nama Group

3. Voice Chat.!!!

Ada yang beda disini.!! Di WeChat kita bisa menggunakan fitur mendengarkan suara dari lawan chatting kita melalui fitur voice. Tinggal tap icon Gema (suara). Tahan record bar-nya dan ngomong pakai suaramu. Tunggu beberapa saat maka pesan suaramu bakal muncul di kotak chat. Temen atau lawan chat yang mau ngedengerin tinggal tap aja di pesannya dan dengerin pesanmu melalui speaker maupun headset. Asoooy. . .

W13.jpg W14.jpg

Gue aja ampe di kerjain (ospek) ama si One, Angga, n Fauzan gara-gara jadi pendatang baru di group-nya mereka. Blogger kampret 😀

4. Emotion

Sama seperti fitur chat pada umumnya WeChat juga menggunakan fitur emotion. Asyiknya fitur emotion di WeChat terdiri dari 3 jenis Emotion. Yaitu Default Wechat, Emoji dan Custom. Khusus untuk Emotion Custom animasi-nya bakal bergerak-gerak, lucu banget. . .

W15.jpg W16.jpg

Emotion WeChat Default

W17.jpg W18.jpg W19.jpg

Emotion Emoji

W20.jpg W21.jpg

Emotion Custom Animation

5. Profil dan Status

Di fitur WeChat yang ini kita bisa nampilin status kita seperti di Facebook biar bisa di baca temen-temen. Sayang jumlah karakternya di batasin hingga 30 karakter aja. Coba deh buka menu Setting > Whats Up lalu tulis status-mu disini.

W22.jpg
Pilih “Setting > Whats Up”

https://i0.wp.com/mob590.photobucket.com/albums/ss343/uh4ckblog/th_forward_arrow.png

W23.jpg
Tulis Status di “Whats Up”

Di menu Setting kita juga bisa meng-edit Profil kita. Entah pic profil atau pun nama kalian. Di Setting klik foto kalian dan pilih Profil Photo (untuk ubah pic), atau Nick Name (untuk ubah nama pengguna).

W24.jpg
Edit Profil

5. Look Around, Shake, Drift Bottle

Tiga fitur di atas masih berkaitan dengan opsi nomor 2 di atas, yaitu untuk mencari teman. Look Around untuk mencari teman berdasarkan lokasi terdekat (udah gue jelasin).

Fitur Shake fungsinya yaitu mencari teman dengan cara menggoyang ponsel kalian. App WeChat akan mencari pengguna WeChat di seluruh dunia yang “kebetulan” juga sedang menggunakan fitur Shake ini bersamaan dengan waktu kalian.

W25.jpg
Fitur Shake

Sedangkan fitur Drift Bottle yaitu mengirim pesan ataupun rekaman pesan suara kalian lalu di masukkan dalam botol dan kemudian di hanyutkan di laut. Nanti pengguna WeChat yang lain yang juga menggunakan fitur ini akan menangkap botol-mu dan menerima pesan atau rekaman suaramu. Keren gak.?

W26.jpg W27.jpg W28.jpg

Fitur Drift Bottle

Tapi sayangnya saat menggunakan fitur Shake dan Drift Bottle ini malah kebanyakan dapatnya dari orang-orang cina. Hiksss. . .

Okey guys. . .
Gue pikir sekian aja deh tutorialnya, udah panjang banget neeh. Kepala gue juga udah puyeng nyusun kode html gambar-gambar di atas. Jika penasaran dengan fitur-fitur yang di tawarkan seperti di atas mending langsung coba aja deh. Kalian bisa langsung mendapatkan aplikasi WeChat ini langsung di situsnya www.wechatapp.com dan langsung pilih aplikasi WeChat sesuai dengan merk ponsel kalian.

W30.jpg
WeChat For Symbian, Android, and iPhone

Jangan lupa add gue di

dykas60v5

atau

wxid_5692036920114

Telah di baca sebanyak : Counter Powered by  Counter4me.com Kali?

Baca Juga :

Posted by :

Posted by Wordmobi

About Dyka

Hai, nama gue Dyka. Gue admin blog ini. Gue suka nulis, nulis apa aja. Kerjaan gue aslinya perawat. Jadinya ya perawat sekaligus merangkap sebagai seorang Blogger. Moga kalian suka dengan tulisan gue meski kadang tulisannya gak jelas dan rada 4L@Y. Senang berteman dengan kalian. ;) Happy Blogging :) :)

Satu tanggapan »

  1. lian021 berkata:

    mantap tuh..
    promosi dlu ah..
    all add sya y :wxid_6660676606524
    : julian21

    #kaburrr naik roket

  2. Iyan Afez berkata:

    Ada poto cewe saya itu 🙂

    buat andro ada b.indo n bsa ganti background symbian kpan? add iyan_syscher97
    makasi bray

  3. Ramdan2478 berkata:

    baru juga tadi ane daftar ini ehh pas mau konfirmasi email ada email dari wordpressnya malah nyasar kesini ane °˚˚°º≍<3нëнëнë<3≍º°˚˚°º 😛 :D‎‎‎ ◦°◦◦°◦°◦◦°°˚˚ WC punya ane (WeChat disingkatnya aneh jadi WC wkªkªkªkªkªkªkªk.=D 😀 ):
    RamdaN2478

    kalo di negara barat (amrik dkk) appnya lagi keren pake kik messenger ,FYI aja 😀

  4. Deasy Nezz berkata:

    Ada foto ceweknya,bagus…Lanjutkan!

    • Dyka berkata:

      Di atas kn udh q cantumin FP wechat di fbx bro, ntr w add yeeh

      “Teman harus selalu di perjuangkan, apapun itu. Teman baik selalu paling berharga”

  5. Fahmi berkata:

    Yang jd masalah, klo aq pxk aplikasi ini trz aq ngechat sma spa ? Sedangkan teman q gk ad yg pxk aplikasi ini

  6. Fahmi berkata:

    Ya sob, udh q cba krn penasaran nie klo mw add saya wxid_0858618591524

    • Dyka berkata:

      Lho.? Idx kq bisa mirip no hp sh.? Gimana ngerubahx sperti itu.??

      “Teman harus selalu di perjuangkan, apapun itu. Teman baik selalu paling berharga”

  7. fahmi berkata:

    aq jg gk tw,waktu daftar idx langsung kayak gtu, tp it bkan no hp q, n jgn lpa add gw ya sob kemarin gw add u gk d blez….!!!

    • Dyka berkata:

      Hadyuuu… Wechat q lgi brmasalah sob, tiap mw d pke ol lngsung exit sndiri. Ampe BT sndiri

      “Teman harus selalu di perjuangkan, apapun itu. Teman baik selalu paling berharga”

      • iya berkata:

        itu pst v4.02… Coba pake v4.00… djmin halal…
        olenk.wapgem.com/TUTORIAL+DAN+APLIKASI/index/?artikel=Aplikasi+WeChat+Untuk+Symbian+S60+V3+V5+Anna+Belle

  8. Fahmi berkata:

    Sma sob, wechat aq kdang keluar sendiri tp klo d paksa kdang bs

    • Dyka berkata:

      Iya sh… Tpi tetep aja gk nyaman. Cba ada update-anx lagi

      “Teman harus selalu di perjuangkan, apapun itu. Teman baik selalu paling berharga”

      • fahmi berkata:

        klo menurut aq, pleng karena ketika buka aplikasinya lalu masuk pesan banyak yang membuat keluar sendiri sob, buktinya kalo habis buka aplikasinya pas banyak pesan banyak keluar sendiri dan kalo gak ada pesan wechatnya bisa

  9. akay berkata:

    numpang nimak gan sudah punya add id q hery

  10. angga SDP berkata:

    wkakakakakakakkaka…….
    uhhuuuuukkkkk
    uhuuuuukk
    #kselek janda

  11. add gw kang:D
    msh baru d.wechat,.
    wxid_8406004060124
    thx, lgsung mabur..kwkwkw

    • Dyka berkata:

      Hahahahaha…. Dasar tukang ojek lngsung main kabur aja :p

      “Teman harus selalu di perjuangkan, apapun itu. Teman baik selalu paling berharga”

  12. punyaku ada wes mastah , di buatin sama temen , anak ege juga . dftar pke no.hp .
    tpi setelah saya log in ,”server busy ” teruusss 😥
    mulai dr kmaren2 , tetep itu aj yg kluar .plisss tolong mastah .
    Q pngen maen jugaa ..

  13. depapepe berkata:

    1. nyimak

    2. kaged

    3. ngiler

    4. pengen punya juga

    5. izin nyolong

    6. kabur mpe lupa kolor ketinggalan

    • Dyka berkata:

      (Kaget karena ternyata kolorx model G-String)

      “Teman harus selalu di perjuangkan, apapun itu. Teman baik selalu paling berharga”

  14. Ryan berkata:

    thank gan udh share 😀 add ane gan : ryrya_an

  15. suphin berkata:

    apa aplikasi ini bisa chat ke bbm

    • Dyka berkata:

      Wkwkwkwkwk ya enggk lah bro. Khusus pengguna wechat aja

      “Teman harus selalu di perjuangkan, apapun itu. Teman baik selalu paling berharga”

  16. reggall berkata:

    aku jga mo promese
    id ; regx185940

  17. fardian berkata:

    bro, aku uda download dan instal. Tp d saat mau membuat akun pake nomer hp gagal terus. Gmn tu bro ?

    • Dyka berkata:

      Klo gtu daftarx di komputer aja sob. Daftar di QQ.com ntr klo udh dftar msukin username n pasword wkt dftr di QQ.com td

      “Teman harus selalu di perjuangkan, apapun itu. Teman baik selalu paling berharga”

  18. vika berkata:

    add me
    wxid_01230491

  19. diar berkata:

    add me mas bero mba beroo.. iim_2i060395

  20. ardan berkata:

    id wc ane : ARD4N094

    klo ada yg pnya group invite ane dong ::malus

  21. renno berkata:

    knpa aq gag bsa menambaqhkan tmn
    priksa jaringan maksudx apa,,,???

    • Dyka berkata:

      Masak gk bsa nambahin tmn gan.?? Coba cek di pengaturan jaringan di hp. Pastikan settingan internetx ssuai dgn krtu yg agan pake. Mslx pnya gw yg jdi setingan utama internetx ya Telkomsel GPRS

      “Teman harus selalu di perjuangkan, apapun itu. Teman baik selalu paling berharga”

  22. Rido berkata:

    Kok waktu ane mau login, aplikasi wc nya close sendiri.? Gimana tu gan.?

  23. YIP berkata:

    Ikut promosi sob, ID WeChat saya : wcyip26081993
    Jangan lupa di add yooo 😀

    • Dyka berkata:

      Udh lama gk pke wechat sob

      Teman penghianat adalah sampah, namun seorang teman yg meninggalkan temannya sendiri jauh lebih rendah dari sampah

  24. sis berkata:

    sob ane untuk sign up kok ga bsa knpa ya,stiap masukin nomor blasannya selalu server busy.please try again later..

  25. jurig67 berkata:

    Numpang taro ID aja.. S17UR11y

  26. agit berkata:

    lupa verifikasi kode no telfon gimana biar bisa log in

    • Dyka berkata:

      Coba register ulang di websitex

      Teman penghianat adalah sampah, namun seorang teman yg meninggalkan temannya sendiri jauh lebih rendah dari sampah

  27. Dwi cahya saputra berkata:

    wxid_08194424785 d add yah makasih n thanks buat blog nih

  28. Dwi cahya saputra berkata:

    wxid_08194424785
    Add me now

  29. refisia berkata:

    ko wechata gue ga ada next atau kembali, beda sama tampilan yang di atas sh sob? tarus juga gimana log in nya? susah? dan ngga ada creat id nya? gimana? terus gue uda masuk ke QQ.com ko yang muncul web bahasa cina gtuu? tolong beri ane petunjuk yeeee

  30. Endik berkata:

    Mantap gan,,,ane make bru beberapa hari tp knp ya kok malah close sndiri aplikasinya klu di buka

  31. 6iput berkata:

    Add dunk, id ; giputz

  32. Bima bami berkata:

    eman penghianat adalah sampah, namun seorang teman yg meninggalkan temannya sendiri jauh lebih rendah dari sampah 😀
    tulis depan umum sama aja gan gak ada bedanya.. 😮
    sabar.. ,,numpang promo add wxid_uims

  33. faldy kudo berkata:

    boleh juga ni dicoba…

  34. add gue gan hanja011.thnk’s

  35. andrhy berkata:

    haiii smua…
    add aku juga yaah 🙂 untuk menjalin silaturahmi
    ID : Andri14_08

  36. rara berkata:

    mau tanya. kok abis ke http://www.wechatapp.com gk ada link untuk downloadny ya?
    bingung. ada yang bisa bantu?

  37. ahsanpradana berkata:

    Tambah teman we chat gimana?

  38. adi darma berkata:

    add gue,, adhy_89

  39. Aziz berkata:

    Malem gan, ane baru pake wechat bingung cari tmen, adax org cina doang, haha
    Add saya iD: Aziz_asyari
    Makasih,

  40. farillukmana berkata:

    kelebihan we chat dibanding whatsapp dan LINE apa ya?
    kalo whatsapp kan ngisi kontaknya udah otomatis nambah kalo ada nomor teman yang pake whatsapp

  41. dichan berkata:

    mo tanya ni om, aku tuh uda berkali2 daftar tapi ga pernah dapat sms u/ kode peripikasi. aku uda coba d 2 hp & 2 nomor pulak, tapi sama aja, ga asa sms masuk u/ peripikasi.. ada solusi ga om..? Thx

  42. Alzayusuf berkata:

    add q yah
    id : Yusuf_Madrid

  43. chokyflash27 berkata:

    agan-agan semua gw pengguna baru nich add gw ya
    ID WeChat:Uchie_cool

  44. fajar berkata:

    cara kirim foto gmna.,??

  45. sob, hp samsung gt-c3312 bisa wechat atau gak sob?

  46. zefry.meonk_speed79 berkata:

    add me id gua: exrim_unite

  47. Kenapa we chat saya susah sign up ? Sudah beberapa kali saya coba tetep gabisa , sampe capek , help dong (⌣_⌣)
    Add pin bb gw : 328CD6F0
    Thankyou 🙂

  48. ceps thea berkata:

    add gw jg flend…. ” ceps_thea ”

    tp gw pny mslah ma apps we chat gw knpa koq sering keluar / exit ( close ) sndiri ???
    Apa’a tuuu tlg solusi’a sob

  49. achenk tea berkata:

    punya gw ko ng bisa di oprasikan yah

  50. kurnia berkata:

    hp 5530 bsa gak gan.

  51. yuli berkata:

    tiap mau login wechat keterangannya akun anda sudah d tutup tdk bisa u login wechat
    trs ada pilihan pulihkan.. dan saya sudah isi semua verifikasi yg d minta.. tp msh sm saja..
    mohon bantuannya,

  52. Infonya sangat bagus gan.

    Di tunggu info Lainnya
    http://goo.gl/Z9x0TA

Tinggalkan komentar